ktg

Bupati Bolsel Serahkan BLT Dana Desa Secara Simbolis diDesa Dudepo

0

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Kamis (30/4/2020) mulai menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Dudepo Barat Kecamatan Bolaang Uki. Bantuan ini akan diserahkan untuk 81 Desa diKabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Penerima BLT-DD ini berdasarkan Permendes Nomor 6 Tahun 2020, yaitu masyarakat yang tidak termasuk pada penerima PKH dan bantuan pangan non tunai.Bupati Hi Iskandar Kamaru yang didampingi Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, para Asisten serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Bolaang Uki, Jajaran Perintah Desa dan BPD, menyerahkan bantuan kepada 35 Kepala Keluarga yang telah di data.

Bupati menegaskan bahwa, bantuan tersebut disinkronkan dengan Data Terpatu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan diprioritaskan bagi masyarakat Lanjut usia (Lansia) serta masyarakat yang memiliki penyakit kronis yang sudah bertahun-tahun.Penyaluran BLT-DD tahap satu April, selanjutnya untuk minggu kedua Mei penyaluran tahap dua,” kata Iskandar.

Sangadi (Kepala Desa) Dudepo Barat, Sutoyo Djahila, mengucap rasa syukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel yang telah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 35 KK di Desa Dudepo Barat.

Setelah menerima juknis dari Pemda, kami pemerintah desa bersama BPD langsung melakukan pendataan dan penetapan calon penerima BLT-DD. Alhamdulillah untuk Desa Dudepo Barat seluruh calon penerima itu masuk dalam Data Terpatu Kesejahteraan Sosial (DTKS)” terang Sutoyo.

Untuk diketahui, bantuan langsung tunai melalui dana desa, diberikan dalam tiga tahap. Yaitu April tahap pertama, Mei tahap kedua dan Juni tahap ketiga. Jumlah yang akan diterima oleh masyarakat yang terdata pada DTSK setiap bulan Rp.600.000