Cita Rasa Kopi Binuang Kotamobagu

0

KOTAMOABGU – Buat penikmat kopi, jika berkunjung di Kotamobagu Sulawesi Utara alangkah baiknya untuk mencicipi varian kopi baru yang akan jadi pengalaman menarik dan bisa menambah referensi. Kalau kamu termasuk salah satu dari mereka, rasanya tidak lengkap kalau tidak mencoba salah satu kopi terbaik yang dimiliki Kotamobagu yakni kopi Binuang.

Menurut, Egie Kurniawan dari Red Home Industri yang memproses Kopi binuang mengatakan Kopi Binuang merupakan kopi robusta dari Perkebunan Binuang Motoboi.

“Ciri khas Kopi Binuang memiliki aroma coklat dan brown sugar serta mengeluarkan rasa buah,” ujar Egie Selasa (02/03/2020).Egie menjelaskan proses produksi Kopi Binuang mulai dari perkebunan diambil dan disortir hanya biji kopi berwarna merah, kemudian dilakukan proses secara natural, lalu digiling kupas kulit, lalu kembali disortir.

“Dalam proses sortiran biji kopi masih ada tiga tahapan yakni paling bagus, bagus dan kurang bagus. Nah, Kopi Binuang ini merupakan biji kopi yang paling bagus,” ungkapnya.Meski Kopi Binuang terbilang baru diproduksi november 2019, namun permintaan atau pembeli tidak hanya dari Kotamobagu saja melainkan sudah dikirim di luar kota seperti Manado dan Gorontalo.

“Target pasar kami, Kopi Binuang ini akan dipasarkan di seluruh Indonesia agar kopi asal Kotamobagu ini juga bisa terkenal dan dikenal,” jelasnya.

Selain terus mempromosikan Kopi Binuang, dirinya juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kotamobagu untuk turut mendukung produksi Kopi Binuang asal Kotamobagu ini.

Kopi Binuang untuk kemasan pouch 125 gram dijual dengan harga Rp35 ribu (*)