4 Tahun Kepemimpinan Hi. Iskandar Kamaru.S,Pt dan Deddy Abdul Hamid Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Sabet Penghargaan Bergengsi

0

BOLSEL -Peringatan 4 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wabup Bolsel yg dirangkaikan dengan Apel Korpri digelar di Lapangan Apel Kompleks Perkantoran Panango pada Selasa (18/02/2020) Bupati H. Iskandar Kamaru S,Pt dalam sambutanya mengucapkan terima kasih yg tak terhingga kepada semua jajaran pemerintah, pimpinan dan anggota DPRD, serta seluruh masyarakat Kab. Bolsel atas bantuan dan dukungannya sehingga proses penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik selama 4 tahun terakhir.Tidak lupa pula bupati juga mengingatkan kepada seluruh Aparur Sipil Negara (ASN) Agar tetetap menjadi pelopor nilai – nilai persatuan dan kesatuan dan tetap menjaga netralitas dan jangan terlibat dalam politik praktis.Mari kita sukseskan Pilkada serentak di tahun 2020 ini ungkapnya.Diakui Bupati, walaupun masih banyak kekurangan namun Pemkab Bolsel telah mendapat berbagai pengakuan yg cukup membanggakan diantaranya adalah:

– Opini WTP dari BPK-RI yg sudah 5 tahun berturut-turut diterima membuktikan akuntabilitas keuangan Pemkab Bolsel dari tahun ke tahun semakin membaik.

– Kabupaten penyenggara pemerintahan terbaik di Prov. Sulut dengan kategori nilai Sangat Tinggi pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dari tahun 2016 hingga 2018.

– Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) dengan nilai B, yg mana merupakan nilai yg sangat tinggi bagi kabupaten pemekaran.

Lanjut Bupati, selain prestasi di atas Pemkab Bolsel juga meraih beberapa penghargaan seperti:

– Penghargaan di Bidang Agama dan Pendidikan Keagamaan dari Menteri Agama RI tahun 2020.

– Penghargaan atas kepatuhan dalam implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi aparatur desa dari BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2019.

– Penghargaan bidang KB, Manggala Karya Kencana Tahun 2019.

– Penghargaan nasional Kabupaten Sehat, Swastisaba Padapa tahun 2019.

– Penghargaan Pemda Inovatif bidang Lingkungan Hidup tahun 2019

– Penghargaan Ketahanan Pangan 2019 dari Kementerian Pertanian Tahun 2019.

– Peringkat 1 se-Prov. Sulut dalam hal pengelola KB pria tahun 2019

– Penghargaan atas instansi yg menggunakan metode CAT dalam seleksi CPNSD dari BKN tahun 2018.

– Penerima bantuan anggaran PIID PEL sebesar Rp. 1,5 M dari Kementerian Desa untuk pengembangan ekowisata.

– Daerah tercepat di Prov. Sulut dalam hal penyaluran dana desa dan ADD tahap 1 tahun 2020.

Pertumbuhan Ekonomi Terus Naik, Pengangguran Menurun 

Selain beberapa penghargaan tersebut, menurut Bupati, Kab. Bolsel juga telah menunjukkan capaian-capaian positif seperti

Target pertumbuhan yang tumbuh positif itu berdampak pada berkurangnya capaian presentase penduduk miskin di daerah ini.

– Pertumbuhan ekonomi Kab. Bolsel selang  tahun 2016-2018 meningkat setiap tahunnya dengan capaian angka 0,35%.

– Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan tren positif di angka 64,49% pada tahun 2018.

– Jumlah penduduk miskin di Kab. Bolsel turun sebesar 0,56% sehingga menjadi 13,60% pada tahun 2018. Hal ini merupakan upaya dalam mewujudkan program Nawacita Presiden RI dan visi Gubernur Sulut dalam program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) sehingga Pemkab Bolsel dengan dukungan pemerintah desa telah berhasil membangun 217 unit RTLH dan 1201 unit  jamban umum/MCK selang tahun 2017-2019.

– Tingkat pengangguran berhasil ditekan ke angka 4,54% di tahun 2018 dan mengalami penurunan 1,8% dibanding tahun 2017.

Masih di momen yg sama, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt berpesan kepada jajarannya untuk tetap menjaga netralitas dan jangan terlibat dalam politik praktis. Selalu kedepankan nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta sukseskan Pilkada Serentak 2020 dengan aman dan damai. Lanjut, Bupati mengucap syukur atas suksesnya penyelenggaraan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) seleksi CPNS tahun 2019 dimana sejumlah 614 orang memenuhi passing grade dan 204 diantaranya adalah putra-putri Bolsel. Bupati berharap putra-putri daerah ini dapat lulus dalam tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk menjadi abdi negara di Kab. Bolsel.

Terkait permintaan data, baik untuk kepentingan audit BPK dan LPPD/LKPJ serta LAKIP, Bupati minta semua perangkat daerah untuk kooperatif sehingga semua data disajikan akurat dan sesuai ketentuan.

Menutup amanatnya, Bupati ajak semua pihak untuk terus menjaga sinergitas di semua lini agar proses penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

– Pencanangan Pekan Panutan Pajak dari KPP Pratama.

– Penandatanganan berita acara rekonsiliasi pajak antara Pemkab Bolsel, KPPN dan KPP Pratama Kotamobagu

– Launching aplikasi e-SPTPD

– Penyerahan SPPDT dan DHK PBB tahun 2020.

– Launching Pelayanan Kerjasama Government Mobile.

– Penandatanganan MoU dengan STITEK dan STIA Bina Taruna Gorontalo di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam menunjang kualitas sumber daya ASN.

– Penyerahan SP2D Dana Desa dan ADD tahap 1 Tahun 2020.

– Pelayanan Kesehatan Gratis.

– Tausiyah agama oleh Ustadz Yusuf Dani Pontoh MHI.

Turut hadir Wabup Deddy Abdul Hamid, perwakilan KPPN dan KPP Pratama, perwakilan Jasa Raharja, unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah, Sangadi, ASN, dan tamu undangan (***)