banner kpu

Banggar Bahas Jaringan Internet,Liow Analogikan Kepompong,Silangen : Kupu-kupu Lemong

0

SULUT – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dalam upaya mengurangi beban biaya dalam administrasi dan tingkatkan tranparansi dan akuntabilitas menjalankan program e-government yang pengelolaan anggarannya ditempatkan pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sulut.

Dalam e-government tersebut diantaramya dengan pengadaan ketersediaan jaringan internet termasuk kantor DPRD Sulut.

Namun sayangnya jaringan internet yang ada di DPRD Sulut banyak dikeluhkan.

Beberapa Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut mengeluhkan ini kepada Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Steve Kepel saat Rapat Banggar bersama Tim Penyusun Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sulut membahas Perubahan APBD 2024.

Anggota Banggar Cindy Wurangian mengeluhkan jaringan internet Wify yang disediakan selama beberapa tahun terakhir hampir tidak berfungsi.

“Wify di Sekretariat Dewan lalod, jaringannya mati hidup,lebih banyak mati tidak berfungsi dan ternyata ini jadi tanggungjawab Dinas Kominfo,”kata Cindy.

Penegasan juga dilontarkan anggota Banggar Jems Tuuk. Dimana Tuuk menyorot besarnya anggaran.e-goverment yang tidak sesuai dengan hasil dilapangan.

“Seingat saya, Ada anggaran Rp6 miliar untuk pegawai yang menata data dan konektivitas, sebelumnya dikelola masing-masing dinas,tapi kemudian disentralisasi Kominfo,”tegas Tuuk.

Menanggapi ini, Kepala Dinas Kominfo Steven Liow menjawab dengan analogi kepompong.

“Menghadapi transformasi digitalisasi ibaratnya kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu, jika dibandingkan dengan daerah lain, anggaran yang ada di Sulut itu kecil,”ungkap Liow.

Menanggapi jawaban Liow, Anggota Bamggar Amir Liputo mengatakan Liow punya artikulasi yang indah.

“Artikulasi yang disampaikan Kadis Kominfo ini indah, tapi rusak didalamnya.Saya dari tadi sudah mencoba berulangkali masuk ke jaringan Wify tapi hasilnya tidak bisa diakses. Sebaiknya minim bicaranya tapi hasil kerjanya besar,”tegas Liputo.

Pun demikian halnya dengan Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen dengan singkat menanggapi jawab Kadis Kominfo Steven Liow.

“Mendegar jawaban pak Kadis yang menganoligikan dengan kempong, memang akan bertransformasi menjadi kupu-kupu,tapi Kupu-kupu lemong,”tegas Silangen.