banner kpu

Piala Andi Silangen Diperebutkan 18 Peserta Masamper Se Sulut

0

SULUT – Lomba Masamper se Sulawesi Utara (Sulut) dalam memperebutkan piala bergilir Ketua DPRD Sulut resmi dibuka.

Lomba tersebut dibuka langsung Fransiscus Andi Silangen yang notabene sebagai Ketua DPRD Sulut didampingi istri Rinny Tamuntuan, Jumat (12/7/2024) di GOR Tinju KONI Manado.

Disampaikan Andi Silangen, sangat mengapresiasi dengan adanya ide lomba masamper tersebut yang diketuai
Joulla Langelo Horman.

“Terima  kasih untuk ide yang begitu luar biasa ini, untuk menampilkan kebudayaan dari Nusa Utara.  Benar-benar ide yang berlian, ini adalah kekayaan intelektual yang harus kita jaga”, ucap yang akrab disapa dr Andi.

Sambung Silangen, dalam lomba masamper ini bukan sekedar ajang melainkan bisa mempererat tali silahturahmi.

“Di seluruh dunia tidak ada yang sehebat kita dengan ini satu kebudayaan yang luar biasa. Masamper merupakan grup seni bernyanyi yang memadukan dua unsur utama, yaitu vokal dan sentuhan gerakan harus seirama, disertai dengan gerak tari,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Silangen, masamper ini merupakan kebudayaan  yang bersifat damai.

“Ini bisa mengekspresikan diri saat kita bernyanyi pasti semua kepahitan hilang didalam diri kita. secara khusus masamper ini memiliki nilai yang universal, religius, interaksi sosial, historis, cinta bangsa dan tanah air, pendidikan dan identitas kultural”, lugas Legislator dari dapil Nusa Utara ini.

Harapnya, masyarakat Sulut terlebih masyarakat Nusa Utara terus melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan.

“Kebudayaan ini punya nilai-nilai  yang sungguh luar biasa, tentunya ini sangat positif untuk  pembangunan Sulut,” tandas Silangen seraya menambahkan bila nanti lomba tersebut akan menjadi kegiatan tahunan.

Turut hadir di peresmian lomba Masamper itu adalah ketua Bapemperda DPRD Sulut, Careig Naichel Runtu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulut, Jun Silangen, Plt Sekretaris DPRD Sulut, Niklas Silangen, sejumlah legislator Kabupaten Sangihe, Erland Silangen