banner kpu

DPRD Sulut Gelar Paripurna Penjelasan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2025

0

SULUT – DPRD Provinsi Sulut melaksanakan Paripurna dalam rangka penyampaian dalam penjelasan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran (PPAS) sementara APBD (Anggaran pendapatan dan belanja daerah) Provinsi Sulut tahun 2025, Ruang Paripurna DPRD Provinsi Sulut, Senin (22/07/2024).

Pada Pari purna itu, dipimpin langsung oleh ketua DPRD Provinsi Sulut, Fransiskus Andi Silangen.

“Hari ini kita akan mendengarkan penyampaian tentang KUA PPAS APBD Provinsi Sulut tahun anggaran 2025 yang akan disampaikan oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey,” ungkapnya.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan penyusunan KUA PPAS telah dilaksanakan dan dibahas setiap tahun untuk menentukan arah pembangunan dan anggaran tahun berikutnya. Tahapan ini, menjadi sangat penting dan strategis sebagai pedoman dalam berbagai hal, baik itu dalam kebijakan umum atas APBD dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

“Pedoman dalam mengarahkan sumber daya fiskal untuk mencapai target-target pembangunan bahkan sebagai instrumen untuk menunjukkan prioritas pembangunan transparan, akuntabel dalam satu tahun anggaran.

Besar harapannya, tambah Olly, di tahun 2025 KUA PPAS APBD Provinsi Sulut, di mana orientasinya, tentu demi kelancaran pembangunan 2025. “Perlu kita catat bahwa KUA PPAS tahun 2025, akan lebih longgar dari tahun 2024, karena tahun 2024 kita harus membiayai Pilkada (Pemilihan kepala daerah) dan juga tahun 2024 kita selesaikan cicilan Rumah Sakit ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kesehatan) dan RumaH Sakit Mata,” ujarnya.

Lanjut Olly, artinya tahun 2025 lebih lonGgar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena secara otomatis PAD (Pendapatan asli daerah) dari Rumah Sakit ini, dan sepanjang dimonitor sudah naik sangat signifikan, di mana satu bulan mencapai 6 miliar. “Pendapatannya sangat baik.”

Terpantau awak media, ada pun yang hadir dalam paripurna ini, yakni pimpinan dan anggota DPRD Sulut, Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw dan Sekretris Provinsi Sulut,Steve Kepel beserta jajarannya