Pilkada Rasa Pilpres, AIPI Terawang Gambaran Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024

0

SULUT – Masyarakat Indonesia usai melakukan pemilihan Presiden (Pilpres) Kepala Negara Baru di awal Tahun 2024, di akhir tahun ini juga akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 37 Provinsi terbagi atas 545 daerah dengan di 415 kabupaten, dan 93 kota.

Pilkada tahun 2024 ini dinilai Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) akan berlangsung ketat.

Pasalnya, menurut Alfitra Salamm Ketua umum AIPI, pilkada tahun 2024 ini sebagai persiapan Pemenangan Pilpres 2029.

Ini disampaikan Alfitra saat menjadi pembicara dalam Rapat evaluasi fasilitas pembinaan dan penguatan kelembagaan Bawasly Sulur dalam rangka pengawasan tahapan Pemilu 2024,Sabtu (8/06/2024).

“Koalisi yang ada dan menjadi pemenang Pilpres akan dominan, gambarannya akan terlihat dengan calon yang akan diusung di Pilkada, apakah masih koalisi KIM (Koalisi Indonesia Maju,red) atau sudah tidak lagi,”jelasnya.

Dinilainya Kolisi di Pilkada adalah skenario persiapan untuk suksesi Pilpres di lima sampai sepuluh tahun kedepan.

Jika dilihat dengan figur politik yang ada saat ini, menurutnya akan mengacu pada dua figur, yaitu Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

“Jika Prabowo akan maju lagi lima tahun depan, maka persiapan pemenangan di Pilkada akan kelihatan, namun jika tidak, artinya persiapan pemenangan untuk Gibran,”lugasnya.

Sampai sejauh ini, Alfitra belum melihat figur lain yang berpengaruh selain Prabowo dan Gibran yang menjadi pasangan Pilpres pemenang di Pemilu 2024 ini.