Harkitnas ke-116, Bupati Joune Ganda Ingatkan Tingkatkan Pemanfaatan Teknologi di Era Modern

0

MINUT, indo-news.id_ Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, di lapangan Kantor Bupati., Senin (20/05/24).

Dalam peringatan HariKebangkitan Nasional (HARKITNAS) tahun 2024 yang mengusung tema ” Bangkit untuk Indonesia Emas”. Bupati Joune Ganda bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

“Dalam era modern ini semangat kebangkitan tersebut harus terus dijaga dan kembangkan, terutama dalam konteks kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” kata Joune Ganda dalam sambutannya.

Ia mengatakan, saat ini progres dan dampak digitalisasi telah menjadi kebutuhan dan tantangan yang harus dihadapi dengan kesiapan infrastruktur dan SDM yang terdidik dan melek teknologi. Kemajuan teknologi yang pesat telah membuka banyak peluang, namun juga membawa tantangan tersendiri.

“Di tengah arus informasi yang begitu deras saya mengajak seluruh elemen untuk menjadikan momentum ini sebagai pengingat akan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta dalam membangun ekosistem digital yang sehat dan aman. Dengan semangat kebangkitan nasional, mari kita dorong inovasi dan kreativitas dalam bidang teknologi informasi untuk kemajuan bersama,” katanya.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Joune Ganda memberikan penekanan khusus kepada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) strategis, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes), dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Saya harapkan Dinas Pendidikan memberikan pengajaran dan pemahaman teknologi yang benar sesuai dengan perkembangan zaman digital saat ini, akan pentingnya mempersiapkan siswa yang handal dan siap pakai. Untuk Dinas Pemdes saya berharap pembangunan di pedesaan terus bersinergi antara pemerintah Sulut dan pemerintah pusat karena kemajuan desa merupakan potret dan barometer keberhasilan pembangunan nasional. Sedangkan kepada BKPSDM saya mengingatkan pentingnya tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih baik dan tidak melanggar regulasi,” tegasnya.

Upacara tersebut dihadiri, Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Forkopimda, Sekretaris Daerah Novly Wowiling, para kepala OPD, Staf Ahli dan Staf Jhusus, para Camat, serta seluruh ASN di lingkungan kerja Pemkab Minut.

(Rommy Rorong)