Semester II 2023, Capaian ETPD Minut Tertinggi di Sulut

0

MINUT_Inovasi dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung dalam mendorong implementasi digitalisasi sistim pembayaran kembali meraih capaian tertinggi.

Berdasarkan penilaian satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (satgas P2DD) Pusat yang diketuai oleh Kemenko Perekonomian RI dan Bank Indonesia tentang Perkembangan Elektronifikasi ETPD Semester Dua Tahun 2023 disebutkan kalau IETPD Kab Minahasa Utara berada di posisi teratas dengan nilai 96,5%

“Berdasarkan data Bank Indonesia, Kabupaten Minahasa Utara sukses mempertahankan skor tertinggi se-Provinsi Sulut dalam penilaian Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Semester II tahun 2023 dengan nilai 96,5%. Sebelumnya pada Semester I 2023 Kabupaten Minahasa Utara juga berhasil memperoleh score tertinggi dan sudah berada pada tahap Kabupaten Digital,” ujar Kaban BKAD Carla Sigarlaki, Selasa (03/04/24).

Ia  mengatakan, pencapaian tersebut didapat karena adanya perhatian serius dari Bupati Joune Ganda selaku ketua Tim TP2DD Kabupaten Minahasa Utara dalam membuat inovasi pengelolaan dan pembayaran pajak secara digital. Serta peran aktif masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.

“Oleh karena itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah berperan aktif dalam melakukan pembayaran pajak melalui kanal-kanal pembayaran digital yang telah disediakan oleh pemerintah,” ungkap Kaban

Sementara itu, Sekda Minut Novly Wowiling, yang juga ketua tim penilai kinerja birokrasi di Kabupaten Minahasa Utara, berharap kepada jajaran Badan Pendapatan Daerah bisa lebih meningkatkan kinerjanya meski capaian yang diperoleh sudah baik.

“Alangkah baiknya capaian ini terus dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan agar terimplementasi program sesuai visi misi pemerintahan JGKWL dan kedepannya diharapkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak lewat kanal digital akan semakin meningkat,” ujar Sekda.

(Rommy Rorong)