Piala Adipura Tiba, Bupati Joune Ganda Apresiasi Pengelolaan Lingkungan Hidup

0

MINUT_Kabupaten Minahasa Utara meraih penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan di bidang kebersihan disambut suka cita oleh jajaran pemerintah daerah, masyarakat dan tak terkecuali pasukan oranye petugas kebersihan saat tiba di Kantor Bupati, Kamis (07/03/24).

Bupati Joune Ganda didampingi Sekda Novly Wowiling, para Asisten, Kadis DLH Marten Sumampow, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, para Kepala OPD dan Camat menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup, para petugas kebersihan dan masyarakat Minahasa Utara.Setelah menanti 10 tahun akhirnya Kabupaten Minahasa Utara kembali mendapat penghargaan Piala Adipura. Terima kasih bagi seluruh pihak yang telah berpartisipasi langsung menjaga kebersihan dan berkontribusi sehingga kita boleh meraih piala Adipura ini. Terlebih khusus buat para petugas kebersihan yang terus bersemangat bekerja menjaga kebersihan wilayah Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Joune Ganda.

Ia menambahkan, penghargaan ini sebuah kebanggaan dan sebuah moment bukti nyata bahwa Kabupaten Minahasa Utara telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungannya. Selanjutnya target kita meraih Piala Adipura Kencana tahun 2024.

“Meraih Adipura Kencana
sebuah harapan kita semua dan untuk meraih itu tidak mudah banyak tantangan untuk mencapai itu. Berbagai indikator, standardisasi pengelolaan kebersihan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan harus kita pertahankan dan tingkatkan untuk meraih Adipura Kencana,” tandas Bupati Joune Ganda.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Marten Sumampow mengatakan, untuk meraih penghargaan Adipura kategori kota kecil ada beberapa kategori penilaian.

“Kurang lebih ada 577 item atau kategori penilaian untuk mendapatkan penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil diantaranya penilaian ruang terbuka hijau, TPA ,Drainase kemudian pengomposan dan pemilihan sampah. Selain itu juga kategori penilaian ada di perkantoran, perumahan, rumah sakit, Puskesmas,” ujarnya.

Sebelumnya penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil Tahun 2023 serahkan oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, Selasa (05/03/24) di Jakarta dan diterima Wakil Bupati Kevin William Lotulung didampingi Kadis DLH Marthen Sumampouw.

(Rommy Immora)