Bebas Frambusia, Pemkab Minut Raih Penghargaan dari Kemenkes

0

MINUT_Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menerima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kementrian Kesehatan RI pada peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) Sedunia.

Dari 416 Kabupaten/Kota yang masuk dalam penilaian, 99 Kabupaten/Kota dinyatakan bebas Frambusia dan Kabupaten Minahasa Utara salah satu daerah yang meraih penghargaan ini.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Wakil Bupati Kevin William Lotulung didampingi Kadis Kesehatan Stella Safitri di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (06/03/24).

Wakil Bupati Kevin William Lotulung, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif melakukan upaya preventif terhadap penyakit frambusia.

“Puji syukur Kabupaten Minahasa Utara berhasil meraih penghargaan bebas penyakit Frambusia. Penanganan kasus penyakit menular seperti ini memang butuh peran kita semua, kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pihak baik dari pemerintah daerah dan masyarakat sangat penting dalam upaya pencegahan terhadap penyakit Frambusi,” ujar Lotulung.

Ia mengatakan, Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang dan sendi dalam lingkungan masyarakat.

‘Untuk itu pemerintah mengingatkan kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk frambusia ini,” kata Lotulung.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr.Stella Safitri menyampaikan, pihaknya akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kinerja agar dapat mempertahankan Kabupaten Minahasa Utara sebagai daerah bebas Frambusia.

“Kami terus berkomitmen dan bekerja menuntas kasus Frambusia dan penyakit lainnya dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara yang sehat. dengan terus melakukan berbagai langkah pencegahan. Di antaranya melakukan sosialisasi, pemantauan rutin penyakit frambusia, deteksi dini frambusia, hingga peningkatan kemampuan dan pengetahuan kader serta petugas kesehatan,” ujar Safitri.

(Rommy Immora)