Bahas Ranperda Penyelenggaraan Budaya,Toni Supit : Akomodir Semua Kebudayaan Di Sulut

0

SULUT – Panitia khusus (Pansus) DPRD Sulawesi Utara bahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Kebudayaan bersama Intansi terkait, Selasa (27/02/2024) Ruang rapat Serbaguna DPRD Provinsi Sulut.

Anggota DPRD Sulut Toni Supit mengingatkan Pansus akan Kompleksnya dan Beragam Kebudayaan yang ada di Nyiur Melambai agar diakomodir.

“Walaupun Budaya kita ini dari berbagai latar belakang, tapi tentu kita harus mampu mengakomodir semua dan belajar dari apa yang sudah di lakukan oleh provinsi DKI jakarta,” tutur Supit.

Lanjut Legislator PDIP tersebut, dimana walaupun DKI Jakarta fokus pada budaya Betawi, namun dalam aturan mereka juga ada pasal-pasal yang mengurus budaya yang lain.

“Kita melihat, walaupun pengaruh ibu kota negara, tapi mereka mampu untuk mengakomodir itu semua, itu terlihat dari salah satu infrastruktur mereka yakni perpustakaan yang mengurus budaya,” kata Toni

Lanjut kata Dia, karena disana ada seperti UPT sehingga bisa terlihat apa yang sudah dilakukan oleh mereka.

“Kemudian, apa yang telah disampaikan, saya rasa sudah sesuai, namun kita perlu memperhatikan kembali terkait dengan Sanksi Hukum dari ranperda tentang kebudayaan ini,”jelasnya.

Kata Toni Supit,Untuk mempercepat pembentukan Ranperda tersebut perlunya topangan anggaran.

“Ini perlu juga dilihat dari segi anggaran, karena jika anggaran kurang bagaimana bisa berjalan,”lugasnya.