Replika Bait Suci Selesai Dibangun, Denny Sondakh: Belajar Dari Pengalaman Hidup

0

BITUNG — Belajar dari pengalaman hidup yang dilalui, Denny Sondakh akhirnya tuntaskan janjinya melalui pembangunan replika Bait Suci yang berlokasi di Kelurahan Dorbolaang, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung.

Diwawancarai sejumlah media usai pelaksanaan pentahiran replika Bait Suci, Denny Sondakh mengaku tidak bisa berkata apa-apa, yang ada dibenaknya hanya rasa bagia ketika melihat replika Bait Suci boleh selesai.

“Tidak ada kata apa-apa selain kebahagiaan dan rasa senang ketika boleh melewati semua perjalanan dalam membangun replika Bait Suci ini,” jelas Ko’ Denny sapaan akrab Denny Sondakh, Sabtu (24/2/2024).

Ko’ Denny pun mengisahkan perjalanan hidupnya waktu berusia enam bulan. Saat seluruhnya tubuhnya sudah membiru dan hampir dipastikan akan meninggal.

Dalam situasi yang kritis ketika itu, orang tuanya (Ibu_red) membawa Ko’ Denny ke klenteng untuk diserahkan kepada Tuhan. Akhirnya hal itu menjadi titik awal dimana Ko’ Denny sembuh dan bisa menikmati hidup sampai sekarang ini.

“Kata orang tua waktu usia enam bulan badan saya sudah membiru dan hampir dipastikan akan meninggal. Saya dibawa ke klenteng oleh orang tua untuk diserahkan ke Tuhan. Namun puji Tuhan sampai hari ini saya masih diberi kesehatan, dan bisa menyelesaikan janji saya untuk membangun rumah ibadah,” ujar Ko’ Denny dengan nada tertatih.

Tambah Ko’ Denny, dalam proses pembangunan replika Bait Suci banyak suka suka bahkan pergumulan yang dilalui. Namun hal itu tidak menyurutkan niat untuk menyelesaikan proses pembangunan.

Kurang lebih dua tahun delapan bulan melewati proses yang sulit, tetapi hal itu boleh dilalui dengan segala ketekunan dan komitmen, agar replika Bait Suci ini boleh selesai dibangun.

“Banyak pergumulan yang dihadapi selama dua tahun delapan bulan untuk membangun bangunan ini, dan puji Tuhan boleh selesai,” katanya.

Diketahui replika Bait Suci yang dibangun dengan biaya pribadi ini akan dihibahkan ke Sinode GMIM untuk menjadi aset GMIM.

Pdt. Adolf Wenas, Wakil Ketua Bidang Misi dan Kerjasama Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM yang juga sebagai Khadim pada ibadah pentahiran replika Bait Suci mengatakan, mewakili Sinode GMIM tentu sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Ko’ Denny yang sudah membangun replika Bait Suci dan menghibahkan ke Sinode GMIM.

Lebih lanjut kata Pdt. Adolf, ini sesuatu sangat luar biasa. Dengan imannya kepada Tuhan, Ko’ Denny membangun replika Bait Suci ini dengan menjadi sponsor utama. Dirinya pun mewakili BPMS menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ko’ Denny atas dedikasi yang luar biasa dalam membangun rumah ibadah.

“Ucapan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas berkatnya yang boleh dinikmati saat ini. Dan apresiasi kami yang setinggi-tinggi kepada Ko’ Denny Sondakh yang sudah membangun replika Bait Suci dan menghibahkannya ke Sinode GMIM,” jelas Pdt. Adolf.

Dirinya pun berharap replika Bait Suci ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan menyampaikan permohonannya melalui Doa kepada sang pencipta yakni Tuhan Yesus Kristus.

“Semoga bermanfaat dan menjadi berkat untuk semua orang,” katanya.(Paulus Marinu)