Deslie Sumampouw Dampingi Walikota Lakukan Penyegelan Kotak Surat Suara

0

BITUNG — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung mendampingi Walikota Ir. Maurits Mantiri melakukan penyegelan kotak surat suara di gudang logistik KPU Kota Bitung, Jumat (9/2/2024).

Dalam sambutannya, Deslie Sumampouw memastikan bahwa KPU Kota Bitung sudah melakukan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dirinya pun memastikan dalam menjalankan tugasnya, KPU tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun. Sebab, KPU melaksanakan tugas sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Kami melaksanakan tugas berdasarkan undang-undang yang berlaku. Dan kami pastikan tidak ada intervensi dari pihak manapun,” jelas Deslie Sumampouw.

Lebih lanjut kata Sumampouw, pada penyegelan kotak surat suara selain dihadiri Walikota, Kapolres, Dandim dan Kabinda, pihaknya juga turut mengundang semua partai politik yang ada di Kota Bitung.

Deslie Sumampouw juga menjelaskan bahwa, kegiatan dalam gudang logistik KPU Kota Bitung dalam segala aktivitas yang dilakukan turut dipantau KPU Provinsi dan KPU RI melalui cctv.

“Kami (KPU_red) mengundang pihak-pihak terkait untuk menyaksikan penyegelan kotak surat suara sebelum disalurkan pekan depan ke TPS. Dan semua aktivitas di gudang logistik di pantau langsung KPU Provinsi dan KPU RI,” tambahnya.

Terkait penyaluran kotak surat suara ke TPS masing-masing, Sumampouw mengakatakan untuk kecamatan Lembeh Selatan dan Lembeh akan dilakukan H-2 atau tanggal 12 Februari 2024. Sementara untuk kecamatan lainnya atau wilayah darat akan disalurkan H-1 atau tanggal 13 Februari 2024.

“Khusus kepulauan di kecamatan Lembeh Selatan dan Lembeh Utara disalurkan H-2 sementara di wilayah darat dilakukan H-1 sebelum hari pencoblosan,” katanya.

Sementara itu Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri yang hadir pada penyegelan kontak surat suara di gudang logistik KPU Kota Bitung dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada KPU yang sudah melakukan tanggungjawabnya sesuai peraturan yang berlaku.

Bahkan Maurits Mantiri juga sempat mengulang ucapan Ketua KPU bahwa mereka bekerja tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Begitupun terkait aktivitas di dalam maupun sekitar gudang logistik yang ikut dipantau langsung KPU Provinsi dan KPU RI secara langsung melalui cctv.

“Selaku pemerintah kami apresiasi kinerja KPU yang menjalankan tugasnya sesuai aturan dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Begitupun dengan aktivitas disekitar gudang logistik yang selalu terpantau melalui cctv,” ujar Mantiri. (Paulus Marinu)