Jalin Sinergitas, KPU Gelar Media Gathering Dengan Jurnalis Biro Bitung

0

BITUNG —Jalin sinergitas dengan wartawan, KPU Kota Bitung menggelar Media Gathering yang bertajuk “Peran Pers Dalam Mengawal Pelaksanaan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, di Aula Kantor KPU Bitung, Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari, Kamis (23/11/2023).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw membeber sejumlah persiapan KPU dalam pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024.

Menurut Sumampouw, pihaknya (KPU_red) persiapan yang dilakukan mulai dari logistik dan infrastruktur lainnya sudah mencapai 70 persen.

“Sampai hari ini persiapan kami sudah mencapai 70 persen. Itu artinya kami sudah sangat siap menyelenggarakan dan menyukseskan Pemilu 2024,” ujar Deslie Sumampouw.

Hal itu disampaikan Sumampouw dihadapan sejumlah wartawan liputan Bitung yang hadir pada kegiatan Media Gathering ‘Peran Pers Dalam Mengawal Pelaksanaan Tahapan Kampanye Pemilu 2024.

Deslie merasa perlu membeber kesiapan KPU Bitung agar publik mengetahuinya. Hal itu dimaksudkan supaya masyarakat paham bahwa tahapan Pemilu 2024 sementara berjalan.

“Supaya masyarakat tahu KPU Bitung terus bekerja demi terselenggaranya Pemilu 2024 dengan baik dan lancar, dan juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat,” tukasnya.

Selain pilpres dan pilcaleg yang akan dihelat 14 Februari tahun depan, Deslie juga menyentil soal pelaksanaan pilkada. Meski baru akan berlangsung Bulan September 2024, ia memastikan KPU Bitung juga sangat siap melaksanakannya.

“Untuk pilkada memang tahapannya belum jalan. Tapi kemarin kami sudah menandatangani NPHD dengan Pemkot Bitung, jadi itu sebagai bukti kami juga sudah siap melaksanakan agenda tersebut,” terangnya.

Kembali ke pelaksanaan pilpres dan pilcaleg, Deslie menyebut KPU Bitung tengah bersiap menyambut tahapan kampanye. Sesuai jadwal kata dia, tahapan itu akan dimulai tanggal 28 November pekan depan.

“Mulai 28 November ini dan berakhir 10 Februari 2024. Nah, kami saat ini sengaja mengundang teman-teman wartawan untuk membantu mensosialisasikan tahapan kampanye, agar nanti pelaksanaannya berjalan dengan baik. Bahkan tak sekedar membantu sosialisasi, kami berharap teman-teman wartawan juga ikut mengawal dan mengawasi pelaksanaannya. Itu tujuan media gathering ini dilaksanakan,” paparnya.

Selain Deslie, kegiatan media gathering juga menghadirkan dua Komisioner KPU Bitung lainnya, Wiwinda Hamisi dan Yunnoy Rawung, serta Sekretaris KPU Bitung Poula Tuturoong. Wiwinda dan Yunnoy turut berbicara pada kesempatan itu. Keduanya menjelaskan soal teknis pelaksanaan kampanye, baik pilpres maupun pilcaleg.

(Paulus Marinu)