Ikut Tourism Comitte Meeting UCLG ASPAC, Bupati Joune Ganda Tukar Pikiran Kepariwisataan Antar Negara Asia Pasific

0

MINUT_Setelah mengikuti Opening Ceremony of the 2023 China Yiwu Imported Commidities Fair the 4th Zheijiang International Friendship Cities Exchange Exhibition di International Expo Center Kota Yiwu China, Senin (13/11/23).

Bupati Joune Ganda menghadiri Tourism Comitte Meeting yang berlangsung di ruangan Intercontinental 1 Crown plaza Hotel Yiwu China dan dihadiri oleh para peserta dari berbagai Negara di Asia Pasific.

Kegiatan ini di buka oleh Sekretaris Jenderal United Cities and Local Governments Asia Pasific (UCLG ASPAC) Dr. Ir. Bernadia Irawati Tjandradewi, M.Sc., MPP.

“Pertemuan dibidang pariwisata ini untuk bertukar pikiran praktek baik antar negara di kawasan Asia Pasific apalagi promosi pariwisata melalui media digital saat ini tidak bisa terbendung sehingga hal ini perlu di maksimalkan, dan UCLG ASPAC akan membantu dan mendorong penguatannya,” ujar Tjandradewi.

Hal ini disambut baik oleh Bupati Minahasa Utara yang hadir dalam kegiatan pertemuan tersebut karena Minahasa Utara adalah satu dari 5 Kawasan Pariwisata Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang berada di bibir kawasan Asia Pasific.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan dengan letak geografis Minahasa Utara yang berada di bibir Kawasan Asia Pasific serta menjadi salah satu Kawasan DPSP di Indonesia memiliki nilai plus terkait pariwisata dibanding tempat lainnya. Dalam pertemuan ini dengan saling berbagi praktek baik kepariwisataan antar negara kita bisa saling belajar satu dengan yang lainnya untuk kemajuan Minahasa Utara,” ungkap Bupati Joune Ganda.

Setelah makan siang kegiatan dilanjutkan di Botanical Garden Kota Yiwu bersama para kepala daerah se Asia Pasific yang hadir sebagai tanda persahabatan melakukan penanaman pohon untuk menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Pada kesempatan ini Bupati Joune Ganda didampingi ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Utara Rizya Ganda Davega, Staf Khusus Bidang kerjasama dan Kemitraan Bobby Hamenda dan Kabag Pemerintahan Minahasa Utara Sefferson Sumampouw.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Novly Wowiling dan Staf Khusus Bidang SDM Unggul Lucky Longdong mengikuti kunjungan lapangan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui produk UMKM di beberapa tempat di Kota Yiwu melalu kegiatan Explore Yiwu.

(*/Rommy Immora)