Kajati Sulut Lantik Wakajati, Asdatun, Kajari Sangihe, Sitaro dan Koordinator

0

MANADO,_Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Dr. Andi Muhammad Taufik, SH,MH, CGCAE memimpin Upacara Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Dr. Emilwan Ridwan, SH,MH, di Aula Sam Ratulangi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kamis (26/10/23)

Selain itu, Kajati juga melakukan serah terima jabatan untuk posisi Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Frenkie Son, SH, MM, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe di Tahuna Hendra Anthonius Ginting, SH, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Jimmy Didi Setiawan, SH,MH Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Reny Rummana, S.H., M.H.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Dr. Emilwan Ridwan, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu. Sementara itu pejabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara yang lama Sila Pulungan, S.H., M.Hum. dipromosi sebagai Direktur Pertimbangan Hukum pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Frenkie Son, S.H., M.M., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Maluku Utara di Sofifi.

Sementara itu pejabat Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara yang lama Rivo Chandra Makarupa Medellu, S.H. dipromosi sebagai Kepala Subdirektorat Eksekusi dan Eksaminasi pada Direktorat Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara dan Ketertiban Umum dan Tindak Pidana Umum Lainnya Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe di Tahuna Hendra Anthonius Ginting, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Medan. Sementara itu pejabat Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe di Tahuna yang lama Eri Yudianto, S.H., M.H. dipromosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan di Pacitan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Jimmy Didi Setiawan, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat di Pontianak. Sementara itu pejabat Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang lama Aditia Aelman Ali, S.H., M.H. dipromosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong di Tanjung.

Sedangkan Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Reny Rummana, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Assiten Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan di Makassar. Sementara itu pejabat Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara yang lama Padeli, S.H., M.Hum. dipromosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang di Enrekang.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Dr. Andi Muhammad Taufik, SH,MH, CGCAE dalam sambutannya
menyampaikan, bahwa rotasi jabatan dilingkungan Kejaksaan RI  berupa mutasi dan promosi merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh pimpinan yang tujuan utamanya untuk  penyegaran sumber daya manusia sehingga diharapkan dapat menggerakkan kehidupan organisasi, meningkatkan semangat kerja sehingga akan berdampak kepada kualitas pelaksanaan tugas yang lebih baik dari sebelumnya.

“Oleh karena itu pergantian pejabat harus dilihat sebagai suatu peristiwa penting baik ditinjau dari tuntutan perkembangan organisasi yang sehat dan dinamis maupun dari segi pendayagunaan sumber daya manusia,”ujarnya.

“Kepada pejabat baru yang baru saja dilantik agar mengemban amanah ini sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan yang saudara miliki secara profesional dan proporsional dengan kemampuan menerjemahkan beragam keinginan dan harapan ditengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang acapkali mengalami perkembangan dan perubahan serta memperhatikan kearifan lokal, kejernihan nurani yang menghargai dan menempatkan manusia dan nilai-nilai kemanusiaan sebagai keutamaan,” ungkap Kajati.

Lanjut dikatakannya, saat ini kita akan menyosong Pemilihan Umum Tahun 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, lalu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota dan dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh Indonesia.

“Maka kepada para hadirin yang hadir ditempat ini untuk wajib bersikap netral dalam Pemilu 2024, dan optimalkan peran Kejaksaan dalam Pemilu ini yaitu sentra GAKKUMDU dan Posko Pemilu laporkan setiap perkembangan yang ada di tengah masyarakat sebagai bahan informasi kepada pimpinan demi terwujudnya atmosfer demokrasi dan penegakan hukum yang sejuk, kondusif, aman dan tertib,” tegas Kajati.

Selain itu, Kajati berharap para pejabat yang baru dilantik agar dapat segera menyesuaikan diri, beradaptasi, memahami peran tugas dan fungsi serta tanggung jawab saudara, lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan tugas fungsi saudara tersebut.

” Kepada para pejabat yang baru dilantik, saya mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan kepada saudara dan saya merasa yakin dengan bekal pengalaman yang sudah saudara dapat selama ini, saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik di tempat yang sekarang. Kepada istri para pejabat yang baru dilantik, saya mengingatkan agar ibu dapat menyesuaikan diri dan aktif dalam organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), dampingi suami dalam melaksanakan tugas sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pembinaan Dasplin, SH., MM, Asisten Intelijen Mathen Tandi, SH., MH., Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Paultje Maukar, SH., MH., Asisten Tindak Pidana Khusus Hartono, SH., MH., Asisten Pengawasan Fatkhuri, SH., Asisten Pidana Militer Kol. Laut Elly Sumampouw, SH., Pejabat Lama Asisten Perdata dan TUN Rivo C. M. Medellu, SH., MH., Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Utara Ny. Maemunah Andi Muhammad Taufik serta Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), Kepala Bagian Tata Usaha Dr. Arjuna Wiritanaya, SH., MH., Para Kajari, Para Koordinator, Kasi dan Kasubag pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara.

Demikian rilis Kasi Penkum Kejati Sulut Theodorus Rumampuk, SH.MH pada indo-news.id

Editor: Rommy Immora