Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, FMKH Kota Bitung Gelar Tanam Pohon dan Bersih Kawasan TWA

0

BITUNG – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, Forum Masyarakat Konservasi Hutan (FMKH) Kota Bitung melaksanakan pertemuan yang dihadiri 100 orang peserta dari 5 kelurahan disekitar kawasan konservasi Tangkoko, Rabu (7/6/2023).

“Ada 100 orang peserta dari 5 kelurahan yang hadir pada pertemuan FMKH hari ini,” ujar Ance Tatinggulu selaku Protectek Area Koordinator Program Selamatkan Yaki.

Lanjut Ance Tatinggulu, kegiatan FMKH didukung penuh oleh PT PLN Unit Induk Pembangunan Wilayah Sulawesi dan melakukan penanaman pohon serta bersih awasan Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Ini merupakan pertemuan besar atau pertemuan tahunan Forum Masyarakat Konservasi Hutan Kota Bitung. Jadi ada pertemuan bulanan, pertemuan 3 bulanan di masing-masing kelurahan, lalu ada pertemuan besar yang mengumpulkan 100 orang FMKH dari 5 kelurahan. Dan masing-masing kelurahan ada 20 orang anggota.

“Kegiatan ini di dukung penuh oleh PT PLN Unit Induk Pembangun Wilayah Sulawesi. Dan ada kegiatan tanam pohon serta bersih kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus. Dan pertemuan besar ini pula dihadiri 100 anggota FMKH dari 5 kelurahan yang ada di sekitar kawasan Konservasi Tangkoko,” ujar Ance Tatinggulu.

5 kelurahan yang ada disekitar kawasan Konservasi Tangkoko yakni kelurahan Batu Putih Bawah, kelurahan Duasudara, kelurahan Winenet Satu, kelurahan Pinangunian serta kelurahan Kasawari.

“Setiap tahun rutin dilakukan pertemuan. Selain bersinergi dengan pengelola Kawasan Wisata, juga membahas tentang isu lingkungan dan melakukan kegiatan yang memberi dampak positif terhadap pengelolaan kawasan wisata,” ujarnya.

Ditambahkan pula, untuk jenis pohon yang ditanam pada kegiatan FMKH yakni jatih putih, ketapang serta kapuraca, dan jumlahnya sebanyak 250 pohon.

Yusti Wardana selaku Manager Unit Pelaksana Proyek Wilayah Sulawesi Utara mengatakan, PLN selain mengelola bisnis ada pula tanggungjawab sosial, salah satunya dibidang lingkungan.

Salah satu wujud nyata dari PLN yakni memberdayakan teman-teman dari konservasi hutan dan hewan satwa yang di kawasan ini. Jadi beberapa program yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan ini akan mendapat support dari kami.

“Dukungan ini bagian dari tanggungjawab sosial dari PT PLN untuk teman-teman dari Forum Masyarakat Konservasi Hutan (FMKH) khususnya di Kota Bitung,” ujarnya.
(Paulus Marinu)