Limi Mokodompit Hadiri Peringatan Hari Otda di Makassar

0

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, ikut menghadiri upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVII Tahun 2023.

Puncak acara tersebut sendiri dipusatkan di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Sabtu 29 April 2023 akhir pecan lalu.

Tak hanya Penjabat Bupati Bolmong, bahkan kegiatan tersebut pun ikut dihadiri sejumlah Kepala Daerah di Indonesia.

Dengan mengangkat tema ‘Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul’ acara puncak ini pun ikut menampilkan parade bendera dari 541 Kabupaten di Indonesia, dengan menggunakan 100 perahu nelayan yang dimaknai sebagai bukti kebersamaan sesuai dengan tema yang diusung.

Menurut Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, kegiatan ini adalah wadah silaturahmi bagi pemerintah pusat dan daerah, untuk melakukan evaluasi pencapaian terhadap pelaksanaan kebijakan Otda.

Selain itu, kata Limi Mokodompit, juga untuk mengingatkan kembali komitmen bersama pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan umum, kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan daya saing daerah sebagai tujuan dari Otonomi Daerah.

Dampak adanya Otonomi Daerah, kata Limi, dapat memberikan wewenang seluas-luasnya kepada daerah dalam mengatur wilayahnya sendiri.

“Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah Ke-XXVI Tahun 2023,” ucapnya.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian dalam amanatnya mengatakan otonomi daerah merupakan sistem pemerintahan Indonesia yang bersifat desentralistik. Tujuannya memberikan kewenangan yang lebih luas kepada pemerintah daerah (Pemda) sehingga bisa berkreasi dan bermanuver untuk menyelenggarakan urusannya di daerah masing-masing.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah ini adalah memperingati perubahan sistem pemerintahan yang di masa Orde Baru, pada sistem sentralistik. Kepala daerah juga ditunjuk, (diberikan) kewenangan sebagian besar di tingkat pusat dan dengan adanya otonomi daerah maka sebagian kewenangan diserahkan kepada daerah,” katanya.

Kewenangan tersebut harapannya bisa meningkatkan kreasi, inovasi, dan kemandirian fiskal di daerah masing-masing sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai. Pesan Mendagri itu sejalan dengan tema yang diangkat dalam Hari Otda kali ini, yaitu “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Diketahui Puncak upacara peringatan yang dipimpin langsung Mendagri itu, dihadiri 546 Kepala Daerah se Indonesia yang terdiri dari 38 Gubernur, 93 Wali Kota dan 415 Bupati. (Dade)