Pemkot Kotamobagu Gelar Shalat Idul Ftiri di Masjid Agung Baitul Makmur

0

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotamobagu mengumumkan, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah akan diselenggarakan di Masjid Agung Baitul Makmur (MABM) Kotamobagu.
Hal ini disampaikan Sekretaris PHBI Kotamobagu, Aljufri Ngandu, saat dihubungi awak media, Rabu (19/4/2023).

“Untuk tahun ini shalat ied akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur, karena lapangan Kotamobagu yang biasa digunakan saat ini masih dalam tahap renovasi,” kata Aljufri.

Menurutnya, dalam mengantisipasi membludaknya jamaah shalat ied, panitia juga akan memanfaatkan pelataran parkir masjid sebagai tempat untuk shalat.
“Bahkan jika memang masih belum cukup, kita juga telah menyiapkan opsi lain. Yakni, dengan menggunakan badan jalan depan MABM dan Polres,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk takbiran masih akan koordinasikan dengan sejumlah stakeholder, terkait dengan penentuan titik lokasi pelaksanaan.

“Untuk takbiran kami masih akan menggelar rapat penentuan lokasi pelaksanaannya. Opsi saat ini di depan Rudis Wali Kota. Namun, jika tidak memungkinkan maka akan digeser ke bawah ke depan Kantor Walikota Kotamobagu,” pungkasnya.

Senada dikatakan, Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta. Menurutnya, pelaksanaan shalat Ied kali ini akan dilakukan di Masjid Agung Baitul Makmur.

“Masjid Baitul Makmur dipersiapkan baik dari pihak PHBI maupun jajaran Pemerintah Kota dan hari ini (rabu) sudah dilakukan pengaturan-pengaturan shaf karena masjid Baitul makmur mempunyai daya tampung yang sangat besar,” jelas Sofyan mokoginta

“Rencananya untuk perempuan tetap ditempat biasa yaitu di lantai atas ditambah bagian belakang dan pelataran dan laki-laki juga ditempat biasa kalaupun memang tidak cukup maka kita tambah dengan yang dibawah,” tambahnya.(Syarif Manggopa)