Tahun Ini Pasar Senggol Kotamobagu Dipusatkan Eks Rumah Sakit Datoe Binangkang

0

KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disdagkop UKM) Kotamobagu menyatakan bahwa pasar senggol yang difasilitasi oleh Pemkot hanya akan berlokasi di satu titik saja.

Hal ini disampaikan Kepala Disdagkop dan UKM kotamobagu, Ariono Potabuga setelah putusan rapat bersama beberapa hari lalu, untuk lokasi pasar senggol yakni di bekas RS Datoe Binangkang dan rencananya akan dibuka sepuluh hari menjelang Idul fitri.

“Dengan berbagai pertimbangan, di situ lokasi yang sangat strategis, tidak mengganggu aktivitas pertokoan, dan mudah diakses masyarakat, ” ucapnya, Jumat (31/3/2023).

Menurutnya, para pedagang pun sudah banyak yang mengecek lokasi pasar senggol, akan tetapi kami mulai membuka pendaftaran untuk para pedagang setelah lokasi sudah siap untuk ditempati.

“Saat ini, masih dalam proses pematangan lahan lokasi yakni, pembersihan, perataan, kami bangun kanopi, kemudian menandai perlapak. Untuk para pedagang di pasar jajan tetap menempati tempat yang sudah ada dengan berjualan makanan, ” ujarnya.

Lebih Lanjut ia menyampaikan perlu diinformasikan juga untuk pada pedagang yang berpartisipasi di pasar senggol, kami pastikan bahwa Ramadan di tahun ini pemerintah daerah memfasilitasi terkait pelaksanaan pasar senggol.
“Kami tegaskan juga, bahwa pasar senggol yang difasilitasi pemkot hanya terfokus di satu titik saja, sehingga bagi siapa yang menjual dan membuat pasar senggol di tempat lain serta tidak direkomendasikan oleh pemkot maka berkonsekuensi akan dibubarkan, dan imbauan juga kepada pemilik toko yang ada di seputaran pertokoan yakni di jalan kartini dan sekitarnya agar tidak memberikan ruang jika ada pedagang yang berjualan di depan toko,” tegasnya
Sementara, Kepala Dinas Satpol-PP Kotamobagu, Sahaya Mokoginta mengatakan pihaknya siap membackup kegiatan pasar senggol tersebut.

“Tentu melaksanakan tugas fungsinya yakni Menjaga ketertiban umum, mengamankan pelaksanaan pasar senggol, mengamankan pusat pasar lainnya serta tidak ada pemanfaatan di lokasi lain,” ujarnya.

“Tentu kami berharap pasar senggol berjalan dengan aman dan sesuai ketentuan,” tambahnya. (Lam)