Jelang Bulan Ramadan,Pemda Harus Waspadai Kenaikan Harga Pangan dan Transportasi

0

JAKARTA – Kenaikan harga pangan dan transportasi menjelang ramadan 1444 H harus diwaspadai oleh pemerintah daerah.

“Intinya kalau kita melihat bahwa yang perlu kita antisipasi komoditas menjelang Ramadan ini, daging sapi, daging ayam ras, cabai merah itu di 88 kota, dan juga sudah mulai transportasi, baik yang berhubungan dengan logistik maupun persiapan pulang kampung untuk yang mau lebaran,” kata Mendagri, M.Tito Karnavian saat memimpin Rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Menurutnya merujuk dari tahun-tahun sebelumnya menjelang Ramadan komoditas pangan dan jasa transportasi selalu mengalami kenaikan.

Mendagri memberikan atensi khusus kepada beberapa Pemda karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) telah terjadi kenaikan harga komoditas yang cukup signifikan. di wilayah tersebut.

Sementara,  Irjen Kemendagri Tomsi Tohir meminta Pemda segera mengirimkan data kekurangan komoditas menjelang Ramadan.

Data tersebut dibutuhkan untuk melakukan pemetaan penanganan terhadap daerah yang bersangkutan.

Tomsi mengatakan, dari seluruh daerah, baru sekitar 330 di antaranya yang baru mengirimkan data kekurangan komoditas menjelang Ramadan. Dia menegaskan, bagi kepala daerah yang tidak mengirimkan data tersebut, maka akan dianggap kebutuhan komoditas menjelang Ramadan telah terpenuhi.

“Sehingga tidak ada alasan nantinya pada bulan suci Ramadan dan Lebaran ini untuk (terjadinya) kenaikan yang signifikan. Oleh sebab itu, cek kembali kepada stafnya bagi yang belum mengirim,” tegas Tomsi.(Dp/Kemendagri)