Lomba OSN, O2SN, FLS2N, se Kecamatan Kotamobagu Timur Mulai Digelar

0

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Dikdis) Rabu (8/3/2023) menggelar kegiatan lomba OSN, O2SN, dan Festival Seni Siswa Nasional SD/MI se Kecamatan Kotamobagu Timur.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dikdis Dra Rukmi Simbala Spd Mpd melalui Sekretaris Kusnadi Pobela SE Spd Mpd. Ia menjelaskan bahwa kegiatan lomba kali ini digelar bertempat di Sekolah SD Negeri 1 Desa Kobo Kecil selaku tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se Kecamatan Kotamobagu Timur yang resmi di buka sejak 8 Maret 2023.

“Lomba kali ini, di nilai langsung oleh para juri yang sudah sangat berpengalaman dibidangnya masing-masing. Dan kiranya, dapat memberikan penilaian se objektif untuk para peserta, karena hasil dari penilaian tersebut akan berkelanjutan ketahap ditingkat Kota Kotamobagu,” ujarnya, Jumat (10/3/2023).

Kusnadi mengatakan, untuk para peserta lomba agar kiranya terus berprestasi.
O2SN, OSN merupakan suatu ajang pembuktian berprestasi siswa untuk meraih ketingkat Nasional.

Dan perlu di informasikan bahwa kedepan penerimaan peserta sudah melalui jalur zonasi, afirmasi, dan prestasi.

“Sehingga siswa yang berprestasi disertai dengan bukti sertifikat, bisa mendaftar pada sekolah yang diminati atau sekolah unggulan, sebaliknya untuk siswa yang tidak berprestasi hanya bisa mendaftar di sekolah terdekat sesuai dengan tempat tinggal siswa tersebut,” terangnya.

Sementara itu, ketua panitia Adjir Lombu Spd menambahkan, untuk peserta lomba yang ikut yakni siswa yang masih duduk di kelas 4 dan kelas 5 SD. Dan salah satu lomba O2SN cabang bulu tangkis di laksanakan di Kantor Desa dan BPU Kobo Kecil.

“Jumlah Peserta lomba tahun ini untuk OSN berjumlah 40 siswa, O2SN 50 siswa dan FLS2N sebanyak 4 siswa. Dan untuk cabang dan jenis lomba OSN antara lain, mata pelajaran Matematika dan IPA, untuk O2SN ada Enam Cabang Atletik kids, Senam, Renang, Bulu tangkis serta Pencak silat dan Karate,” jelasnya.

“Sementara untuk FLS2N juga ada enam lomba menyanyi tunggal, membuat gambar bercerita, seni tari kreasi, karya anyaman dan pantomim serta salah satu lomba FLS2N Pantomim bertempat di SDN 1 Kobo Kecil,” bebernya.

“Berharap dengan adanya  kegiatan lomba ini, agar dapat menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa di sekolah maupun di rumah, sehingga menunjang peningkatan kualitas akademis, siswa terbaik yang akan terpilih serta para siswa bisa meraih prestasi sampai ketingkat Kota Kotamobagu hingga ke tingkat Nasional,” ungkapnya. (Dp/vik)