Klinik Cuci Darah RSUD Kotamobagu Segerah Beroperasi

0

KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, akan dilengkapi Unit Instalasi Hemodialisa (HD) atau klinik cuci darah serta ruang instalansi Central Sterile Supply Departement (CSSD).

Dimana ruang instalasi CSSD ini, merupakan indikator dari suatu sistem kerja supply dan alat alat steril sesuai Standart Operational Prosedur (SOP). yang sistem kerjanya secara independen untuk menerima, mendesinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan dan mendistribusikan alat alat, baik yang dapat dipakai berulang kali dan alat sekali pakai, sesuai dengan standar prosedur.

Informasi tersebut kami peroleh langsung dari Dirut RSUD Kotamobagu melalui Kabag Administrasi Umum Fernando M. Mongkau, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2023).

“RSUD Kota Kotamobagu, di Bulan Mei Tahun 2023 nanti, sudah memiliki klinik cuci darah sekaligus unit instalasi CSSD,” ucap Fernando.

Menurut Fernando mengadaan fasilitas tersebut, mengingat tingginya pasien dari wilayah Bolmong Raya menuju ke rumah sakit di Manado, dengan tunjuan cuci darah.

“Nah dengan adanya Instalasi cuci darah di RSUD Kota Kotamobagu, tentunya akan membantu pasien asal Bolmong Raya agar tidak jauh lagi ke Manado,” ujar Fernando.

Dirinya juga menambahkan, jika saat ini pihak RSUD Kotamobagu terus melakukan pembenahan.

“Dalam rangka menuju rumah sakit unggulan, kami berupaya untuk terus melakukan pembenahan disemua fasilitas medis guna untuk menunjang kesehatan dan lemudahan dalam pelayanan kesehatan masyarakat Bomong Raya,” tandasnya.(Dp)