Disnaker Kotamobagu Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi SIINas dan SINDiRELA

0

KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kotamobagu gelar sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) Sistem Informasi Industri dan Ketenaga Kerjaan (SINDiRELA), Kamis (2/3/2023), bertempat di Aula Kantor Disnaker.

Kepala Disnaker Kotamobagu, Sofyan Boulu mengatakan, kegiatan sosialisasi SIINas dan SINDiRELA merupakan kegiatan yang sangat penting dalam mengembangkan sistem informasi industri dan ketenagakerjaan di daerah Kotamobagu.

“SIINas dan SINDiRELA merupakan sistem informasi yang dirancang untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada industri dan ketenagakerjaan,” kata Sofyan.

Dikatakanya, kedua aplikasi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi Industri Kecil Menenga (IKM).

“Aplikasi SIINas ini dirancang untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi kepada pelaku industri dan ketenagakerjaan di Indonesia,” ujarnya.

“Secara tidak langsung aplikasi ini dapat menghubungkan kita dengan seluruh Industri yang ada di Indonesia. Bahkan, kita bisa mendapatkan bantuan dari kementerian industri,” tambahnya.

Sementara itu aplikasi  SINDiRELA, merupakan aplikasi lokal yang ada di Kotamobagu.

“Tujuannya untuk menentukan titik koordinat usaha yang kita miliki, jadi sistemnya sudah secara digitalisasi,” tuturnya.

Sofyan berharap, dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM yang ada di Kotamobagu.

“SIINas dan SINDiRELA diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk pelaku UMKM terutama tentang informasi-informasi perindustrian,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Aditya Manoppo, kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 2 -3 Maret 2023.

“Peserta sosialisasi ini berjumlah 35 orang yang berasal dari pelaku UMKM di daerah Kotamobagu,” pungkasnya. (Dp)