Program Mapalus, Penyuluh Dan Kelompok Tani Kompak Tanam Bibit Jagung

0

KOTAMOBAGU – Untuk meningkatkan hasil panen yang maksimal, penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan kelompok tani (Poktan) secara bergotong royong menanam bibit jagung atau mapalus.

Hal tersebut terlihat pada Selasa 28 Febuari 2023 pagi tadi di lahan kelompok tani Gogagoman yang terletak di kawasan air panas RT 24 Kelurahan Gogagoman, kecamatan kotamobagu barat.

Petugas PPL Dinas Pertanian Dan Perikanan Kota Kotamobagu, “Tentunya sebagai penyuluh kami selalu mendorong dan menghimbau petani terus melakukan kegiatan pertanian, sebagai penguatan pangan,” ujar Koordinator Hadijah Manoppo.

Dengan seragamnya memberi arahan kepada petani terlihat menanam secara mapalus sesama anggota poktan menanam bibit jagung bantuan pemerintah Simetal Bisi 321

Sementara itu Hary Hany Haris Sondak anggota kolompok tani mengucapkan terima kasih atas pendampingan Petugas PPL serta perhatian Dinas Pertanian Kotamobagu dengan memberikan bantuan bibit jagung, obat-obata serta pupuk cair kepada kami pertani jagung.

Diketahui Mapulus sendiri adalah bentuk kerja sama dalam bidang pertanian di Sulawesi Utara yang merupakan budaya tradisional yang telah lama digunakan di biadang pertanian.

Turut hadir dalam acara mapalus, Tim PPL Dinas Pertanian Dan Perikanan dipimpin Koordinator Hadijah Manoppo, S.PKP ( PPL Kel. Gogagomandan) dan turut didampingi Candra Busising, SP (PPL Kel. Mongkonai Barat) Srikandi I. Mumu, SP (PPL Kel. Mongkonai) Rahmi Bonde, SP ( PPL Kel.Molinow ) Nurmi Lamada (PPL Kel. Kotamobagu dan Kel. Mogolaing). (Dp)