Kapolda Sulut Buka Latpraops Keselamatan Samrat-2023

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto membuka kegiatan latihan pra operasi (Latpraops) kepolisian kewilayahan dengan sandi “Keselamatan Samrat-2023”, pada Kamis (2/2), di ruang Tribrata Mapolda Sulut.

Latpraops diikuti oleh para personel Ditlantas Polda Sulut beserta para Kabagops dan Kasatlantas jajaran. Sebagai tindak lanjut dari Latpraops ini, maka satuan kewilayahan jajaran juga akan menggelar Latpraops serupa di wilayah masing-masing.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, Operasi Keselamatan Samrat-2023 ini dilaksanakan serentak oleh Polda Sulut dan satuan kewilayahan jajaran, selama 14 hari.

“Operasi Keselamatan Samrat-2023 akan dimulai pada tanggal 7 hingga 20 Februari mendatang,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Lanjutnya, operasi di bidang lalu lintas tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Operasi Keselamatan Samrat-2023 ini dilaksanakan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang aman dan kondusif menjelang perayaan Idul Fitri 1444 H,” terang Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Adapun sasaran operasi yaitu, segala potensi gangguan yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Sedangkan target operasi antara lain, pengendara yang berkendara sambil menggunakan handphone, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara dalam pengaruh minuman beralkohol, melawan arus, tidak memakai sabuk pengaman, kendaraan yang menggunakan lampu strobo dan sirine, melebihi batas kecepatan, knalpot non standar, kendaraan over load dan over dimensi,” jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Pihaknya mengajak warga masyarakat untuk mendukung pelaksanaan operasi tersebut dan mengimbau agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

“Operasi Keselamatan Samrat-2023 ini dilaksanakan demi menciptakan keamanan dan ketertiban bersama khususnya di jalan raya. Masyarakat juga diimbau tetap mematuhi tata tertib berlalulintas, tidak hanya saat dilaksanakannya operasi kepolisian saja,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.
(Gito Mokoagow)