Boltim Koleksi 22 Kasus Pengidap HIV

0

BOLTIM – Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mencatat sedikitnya 22 kasus pasien positif mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV) Atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di tahun 2022.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Boltim, dr. Hamdan Korompot, pada Selasa (27/09/2022).” Iya, terakhir pada bulan Juni 2022 ada ketambahan 1 pasien, positif HIV/AIDS ”kata Hamdan.

Namun demikian, Hamdan menjelaskan, sebelumnya ada 25 pasien mengidap HIV/AIDS dari jumlah tersebut, sebanyak 4 pasien telah dinyatakan meninggal dunia. Hingga sekarang, data menunjukkan masih terdapat 22 pasien yang berstatus positif dan sedang menjalani perawatan.
“Sekarang ada 22 pasien yang tercatat dan sedang dalam tahap perawatan intensif. Yang menjadi masalah sekarang, mungkin masih ada beberapa masyarakat yang memiliki gejala HIV, namun tidak memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat,” kata Hamdan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Boltim, Sapruddin Gobel S.KM mengimbau, agar terhindar dari virus HIV sebaiknya masyarakat yang merasa ada gejala agar segera melakukan cek status di Puskesmas terdekat. Sementara untuk pasien yang memiliki gejala HIV, agar segera datang ke Puskesmas terdekat untuk upaya pengobatan secara rutin.

Dalam beberapa minggu infeksi HIV, gejala seperti flu seperti demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan dapat terjadi ucapnya .

Penulis :Budi S Mamonto