Desa Bongkudai Barat  Utus Tiga Peserta Lewat Bimtek Peningkatan Kapasitas

0

BOLTIM – Pemerintah  Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) , menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), untuk  peningkatan kapasitas Perangkat Desa dalam pengelolaan keuangan desa yang berlangsung di Hotel Mercure Tateli Manado, selama tiga hari.

Dalam kesempatan tersebut sekda Boltim Sonny Warokka  menyampaikan, dalam hal pengelolaan keuangan desa Pemerintah Desa dapat memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai pendapatan asli desa sesuai dengan potensi yang ada.

“Setiap pengelolaan keuangan desa itu pasti ada programnya tapi ada yang dilupakan yaitu potensi dalam desa seperti Bumdes, dimana program ini bisa menjadi sumber pendapatan untuk desa,” katanya.

Lanjut Sekda, pihaknya juga akan melihat potensi-potensi yang ada di setiap desa yang yang tersebar di 81 Desa yang ada di kabupaten Boltim.“Kedepannya kami juga akan turun ke desa-desa untuk melihat setiap potensi yang ada di desa agar dapat dikembangkan dan bisa menjadi sumber pendapatan desa,” singkat Warokka.

Sementara itu Sangadi Desa Bongkudai Barat , Hasmi Tololiu, melalui Sekretaris Desa (Skdes), Yasir Kanon yang didampingi Kaur Keuangan, Maya Limpele mengatakan banyak hal positif yang kita dapat pada kegiatan Bimtek tersebut.” Banyak hal penting yang kita dapat dan bisa  mengaplikasikannya ketika kembali ke desa karena ini sangat penting terutama dalam pngelolaan keuangang ada di desa,” kata Yasir.

Sekedar diktahui untuk Desa Bogkudai Barat mengitus 3 (tiga) perwakilan saat mengikuti Bimtek diantaranya Sekdes,  Yasir Kanon , Kaur Euangan Maya Limpele dan Kasie Pemerintahan Bongkudai Barat  Sunariati Liputo .(bm)