Dinas PMD Boltim Berikan Pelatihan Pembuatan Profil Desa

0

BOLTIM–Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pentingnya data desa dalam proses perencanaan pembangunan desa membuat pemerintah desa (pemdes) harus berusaha untuk menyediakan data terkait karakteristik spesifik desanya.

“Rencananya PMD akan memberikan pelatihan pembuatan profil desa kepada semua operator desa,” Ungkap Kepala Dinas PMD, Hendra Tangel, Senin (7/2/2022).

Menurut Hendra, PMD sudah memiliki instruktur yang berkompeten untuk memberikan pelatihan tersebut.

“Pelatihan akan kita laksanakan selama tiga hari, dimulai tanggal 15 Februari untuk operator desa di Kecamatan Modayag, Modayag Barat dan Mooat, dilanjutkan 16 Februari untuk Kecamatan Motongkad-Nuangan dan 17 Februari untuk Kecamatan Tutuyan dan Kotabunan,” Terang Hendra.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa data harus disiapkan oleh operator desa saat pelatihan nanti.

“Yang harus dibawa operator saat pelatihan adalah data penduduk by name by address, data potensi desa, data tingkat perkembangan desa, serta laptop.Namun, sangadi dan sekretaris desa juga harus hadir dalam pelatihan nanti,” Jelas Hendra.

Dirinya berharap, pelatihan ini bisa terlaksana dengan baik di daerah sehingga tidak perlu lagi kembali dilatih oleh PMD Provinsi.

“Insya Allah semua operator desa bisa cepat mengerti, namun jika ada desa yang terendah presentasi penginputannya, akan dilatih kembali namun yang melatihnya adalah Dinas PMD Provinsi,” Tutup Hendra. (BM)