ktg

Dinas P3A Kotamobagu Lakukan Pendampingan ke Anak-Anak Korban Kebakaran di Kotobangon

0

KOTAMOBAGU – Korban kebakaran  yang terjadi di Kelurahan Kotobangon terus mendapatkan perhatian dari sejumlah instansi.

Setelah sebelumnya bantuan disalurkan oleh Wali Kota Kotamobagu lewat Asisten II Sitti Rafiqa Bora SE pada Minggu 22 Agustus 2021 kemarin, kini giliran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kotamobagu, yang turun langsung ke lokasi kebakaran.
Dimana, kegiatan Dinas P3a Kotamobagu ke lokasi kebakaran itu sendiri, dalam rangk memberikan trauma heaing atau penyembuhan dari trauma kepada anak-anak yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Kotobangon tersebut

“Kita hari ini ada 2 kegiatan, yakni selain pendampingan atau trauma healing kepada anak-anak, juga pemberian bantuan bagi korban kebakaran disini,” ungkap Kepala Dinas P3A Kotamobagu Virginia Olii Kabid Perlindungan Hak Perempuan, Perlindungan Khusus Anak, dan Pemenuhan Hak Anak, Novalia Djaman. Senin 23 Agustus 2021.


Adapun batuan yang diberikan berupa buku tulis dan alat tulis, makanan ringan, dan masker kepada anak-anak yang terkena dampak bencana kebakaran. Sedangkan khusus pendampingan teknis tentang trauma healing instansi tersebut menggandeng juga psikolog.

“Mereka melakukan assessment kepada anak-anak korban bencana dari psikolog klinis anak, serta pekerja sosial yang tergabung pada UPTD PPA Kotamobagu. Trauma healing dilakukan untuk proses penyembuhan setelah trauma yang dilakukan agar seseorang bisa terus melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kejadian tersebut,” jelasnya.

Kegiatan itu sendiri ditambahkan olehnya, dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak pasca kebakaran. Intinya bagaimana anak-anak tidak trauma lagi. “Kita juga melibatkan Forum Anak Daerah dalam kegiatan ini,” tuturnya. (mg1)