ktg

UD Totabuan Makin Dikenal Hingga Luar Daerah

0

KOTAMOBAGU– Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kotamobagu, salah satunya yakni UD Totabuan yang juga pemilik merek dagang Cap Burung Maleo, kian dikenal serta dipercaya oleh lembaga yang ada Sulawesi Utara maupun Gorontalo.

Terbukti, setelah menjalin kerja sama dengan pihak BTN cabang Manado beberapa waktu lalu, usaha yang terletak di Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan itu, Minggu 28 Februari 2021 kembali menjalin kerja sama dengan Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG). “Kerja sama ini dilakukan UD Totabuan dengan Fakultas MIPA UNG dalam hal penyelenggaraan pendidikan,penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kelembagaan,” tulis Harianto Simbala selaku manager UD Totabuan dalam postingan facebook miliknya.Harianto juga mengatakan kalau kerja sama sekaligus kunjungan Fakultas MIPA UNG ke UD Totabuan itu,  dipimpin langsung oleh Prof DR  Astin Lukum, M.Si didampingi seluruh Pembantu Dekan Fakultas MIPA, juga jajaran Kepala dan Sekretaris Program Studi, serta disambut langsung secara hangat oleh Owner UD.TOTABUAN yakni Zainul Lantong dan Treystien Hapulu. “UD Totabuan sebagai pelaku UMKM terbaik di Sulawesi Utara yang produk olahannya sudah sangat dikenal di Gorontalo, menjalin kerja sama meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya dalam hal Peningkatan kualitas SDM, Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah Seminar dan Lokakarya, Pengembangan Kompetensi dan Kualifikasi Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam jabatan (in-service training), Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat, Penggunaan Laboratorium Alam,dan Pelaksanaan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa Fakultas MIPA UNG,” jelasnya.

Salah satu dasar kenapa UD.TOTABUAN yang dipilih oleh Fakultas MIPA dalam melaksanakan kerjasama tersebut, diungkapkan Harianto  karena UD.TOTABUAN dinilai oleh Prof DR Astin Lukum sudah sangat layak untuk bisa lebih berkontribusi aktif bagi masyarakat dan dunia pendidikan tinggi SulutGo,  dalam rangka menularkan kiat sukses selama ini di dunia usaha makanan ringan,sekaligus memberi akses pengembangan usaha melalui pendekatan ilmiah berupa riset dan penelitian produk-produk yg dihasilkan oleh UD Totabuan. “Untuknya, menjadi sebuah keharusan bagi UD Totabuan dalam bekerjasama dengan dunia Pendidikan Tinggi di masa kini, sebagai bentuk keseriusan kami dalam rangka meningkatkan standar kualitas produk-produk makanan ringan yang kami hasilkan. Lebih dari itu, kami UD Totabuan terus berbenah diri untuk bisa bersaing dipasar makanan ringan nasional bahkan global,” tuturnya. (*)