ktg

Jajaran Humas Polri di Seluruh Indonesia Rayakan HUT ke-69

0

INDO NEWS – Hari Ulang Tahun (HUT) Humas Polri ke-69 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020 diperingati oleh jajaran Humas di seluruh Indonesia.

Kegiatan dipusatkan di Mabes Polri dan diikuti secara virtual oleh jajaran Humas Polda di seluruh Indonesia, Senin (2/11/2020) dengan mengangkat tema ‘Dengan Semangat Profesionalisme, Humas Polri Siap Mewujudkan Kamtibmas yang kondusif untuk Masyarakat Semakin Produktif’.

Peringatan HUT Humas Polri ke-69 ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Humas Pol Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dari Mabes Polri Jakarta, sedangkan di masing-masing Polda dihadiri oleh para Kabid Humas beserta staf dan perwakilan wartawan.

Peringatan HUT Humas Polri ke-69 ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemasangan rompi liputan bagi perwakilan wartawan. Selain itu juga pada acara tersebut juga dilakukan launching Tanda Korps Kesatuan Humas Polri yang baru.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dalam sambutannya mengatakan, tugas Humas Polri di era 4.0 bukan semakin mudah tapi semakin berat. “Kita harus bisa menyejajarkan antara perkembangan teknologi dan informasi serta kita harus bisa menyesuaikan personel dengan kekuatan yang kita lakukan, sehingga tugas kita semakin dipercaya oleh masyarakat,” ujar Irjen Pol Argo Yuwono.

Humas Polri juga katanya dituntut harus mampu memberikan informasi yang akurat dan cepat serta mampu mengelola media dengan baik, sebagaimana harapan Kapolri dalam Program Prioritas npmor 4 yaitu Pemantapan Manajemen Media.

“Dengan HUT ini semoga Humas Polri mulai dari Mabes, Polda, Polres hingga Polsek menjadi pusat informasi yang terlengkap untuk ditransformasikan ke masyarakat,” ujar Irjen Pol Argo Yuwono.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast saat ditemui wartawan usai peringatan HUT Humas Polri di ruang vicon Polda Sulut menyatakan, bersyukur dengan pencapaian Humas Polri hingga saat ini.

“Pada tanggal 30 Oktober 2020 kemarin, kita (Humas Polri) berulang tahun yang ke-69 tahun, jadi Humas Polri di seluruh Indonesia ikut merayakannya melalui virtual meeting dengan Mabes Polri. Pada hari ini, Senin (2/11/2020), kami baru melaksanakan karena bertepatan dengan libur panjang. Kita lakukan pengamanan selama ini dari hari Jumat sampai dengan hari Minggu,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Iapun berharap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Humas Polri bisa memberikan informasi yang tepat, terpercaya dan berimbang kepada masyarakat.

“Saat ini kami memiliki beberapa Bagian, khususnya kami di Polda punya Subbid Multimedia dan di Mabes Polri sendiri ada Biro Multimedia yang bertugas melakukan pengawasan terhadap media, baik online maupun media sosial yang ada, tentunya dengan harapan untuk mencegah penyebaran berita hoax yang terjadi, manipulasi terkait dengan data dan kampanye hitam dimana saat ini kita sedang memasuki tahapan Pilkada,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Terkait pembagian rompi kepada wartawan, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast  mengatakan, rompi digunakan untuk tugas peliputan wartawan khususnya saat tugas di lapangan, seperti liputan unras.

Pelaksanaan peringatan HUT Humas Polri ini dilaksanakan secara sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

(Gito Mokoagow)