ktg

Survey Pilkada Bolsel, Pasangan Iskandar-Deddy Terlalu Kuat

0

BOLSEL— Aliansi Anak Negeri Research dan Political Consultan menyebut, elektabilitas petahana, Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid yang kembali bertarung di Pilkada Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) 2020 masih sangat kuat.

Pernyataan itu berdasarkan hasil survey yang baru saja dirilis di Kedai Kopi Korot Kotamobagu Rabu(2/9/2020)

Menurut Direktur Aliansi Anak Negeri Research dan Political Consultan Reki Lance, popularitas dan elektabilitas pasangan dengan julukan Bersama Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid (BERKAH) menempati urutan pertama dengan perolehan 62.9 persen.Jumlah itu, meninggalkan dua pesaing bakal calon lainnya yakni Hadisiwoyo Gobel-Ruslan Paputungan 8.4 persen dan Riston Mokoagow-Selvia Gobel 6.5 persen.

Dari hasil survei itu juga, 7.3 persen belum menyatakan sikap atau tidak tahu dan 14,9 persen rahasia.

“Dengan hasil itu, maka pasangan petahana tidak tertandingi dan sangat kuat,” kata Reki.Meski demikian, para pasangan calon yang sudah akan mendaftar, tentu masih ada kesempatan untuk merebut hati masyarakat. Termasuk hati warga yang belum menyatakan sikap atau tidak tahu.

“Masih ada 13.1 Persen masyarakat yang belum menentukan pilihan, data elektabilitas ini masih bisa berubah hingga hari H nanti, semua tergantung proses pemenangan dari masing-masing calon, ” tambahnya Reki mengatakan, survei itu dengan pengambilan sampling pada tanggal 10-14 Agustus 2020 dengan cara tata muka responden dengan menggunakan kuesioner dengan sistem multistage random sampling.

Pada dasarnya semua populasi pemilih memiliki kesempatanyan sama untuk untuk terpilih sebagai respnden atau tidak tersegmentasi di tujuh kecamatan dan 81 desa. (*)