Tingkatkan Produktifitas Pertanian Ditengah Pandemi,Pemkab Bolsel Gelar Tanam Jagung

0

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi.Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy Ketua DPRD Arifin Olii melaksanakan Tanam Jagung serta sukuran dan Launching Alat Berat (Excavator) dari Pemerintah Provinsi ke Pemkab Bolsel disertai Penyerhan Bantuan bagi Kelompok Tani Senin(20/7/2020)

Bupati Bolsel Hi.Iskandar Kamaru dalam sambutannya mengatakan gerakan menamam jagung sebagai langka kongkrit untuk menjamin kesediaan pangan terutama di situasi pendemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, pertanian merupakan salah satu garda terdepan yang menjadi faktor penting dalam sebuah negara. Karena itu pertanian jadi prioritas dan perhatian dari pemerintah pusat, provinsi hingga daerah.

Lanjutnya, sebagaimana dalam undang undang nomor 18 tahun 2012 dimana kedaulatan pangan adalah hak segala negara dan bangsa untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sekto-sektor strategi ekonomi domestik.

Gerakan ini juga untuk merubah pola pikir yang produktif, disertai inovasi baru untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan gerakan menanam

Kata Bupati Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bolsel akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait ajakan untuk bercocok tanam.

Tingkatkan terus produktivitas pertanian, manfaatkan lahan-lahan untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik kedepannya,” ujar Bupati

Semantara itu Kepala DPKP Bolsel, Marwan Makalalag, mengatakan gerakan ini merupakan tindak lanjut atas intruksi Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah dalam rangka mengantisipasi krisis pangan nasional karena dampak Covid-19.Disamping itu ia juga menyampaikan berterima kasih kepada Bupati yang begitu sigap merespon gerakan menanam bagi masyarakat.

“Insha Allah, ini bisa menjadi satu pendorong bagi warga untuk giat menanam,” Turut hadir dalam kegiatan tersbut Asisten I Asisten II Asisten III dan Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Bolsel beserta beberapa Kelompok Tani se-Kab.Bolsel (Dp)