ktg

Nikmati Masa New Normal, Kolam Permandian Tabali Di Desa Moyag Kian Diminati

0

KOTAMOBAGU- Jika kebiasaan masyarakat mandi di kolam renang yang terbuat dari bangunan beton pasir dan semen, untuk berolahraga maupun refresing,

Namun berbeda dengan adanya wisata alam permandian air pegunungan yang sejuk dan dingin di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kolam yang sengaja dibuat dari dua sumber mata air ini pun diberi nama Kolam TABALI atau kepanjangan dari TABANG AMA ELI, yang memberikan kesejukan jika kita berkunjung ke tempat ini dengan kedalaman setinggi 2 meter dengan panjang 30 meter.

Dari cerita masyarakat setempat bahwa kolam tersebut sudah ada sejak jaman dahulu, hanya saja bentuknya tidak seperti saat ini karena sudah mengalami perubahan.

“Dulunya ini sempat menjadi kolam ikan dan kami pugar di beberapa bagian hingga menjadi sebuah kolam untuk permandian masyarakat,” kata Sriwani Mamonto, pemilik kolam.

Untuk mendapatkan kesejukan saat mandi di tempat ini, bagi masyarakat yang berkunjung diberi ketentuan untuk membayar 3000 rupiah saja.

“Jaraknya tidak jauh dari kampung, hanya menempuh 1 kilo meter dan bisa diakses dengan menggunakan kendaraan sampai ke tempat tujuan,” jelas Sriwani.