ktg

Pemkab Bolsel Raih Peringkat Satu Sulut Tindak Lanjut Rekomendasi BPK

0

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru mengikuti rapat koordinasi tindaklanjut hasil pemeriksaan Badan pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), berlansung di rumah dinas Bupati, Selasa (19/6/2020).

Rakor yang di gelar secara virtual ini,diikuti Wakil Gubernur, Kepala Perwakilan BPK RI Sulut, para Bupati Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara. 

Bupati dalam laporanya menyampaikan hasil progres atas tindaklanjut sudah mencapai 50 persen.

“Kami bersyukur dari semua Kabupaten/Kota, Bolsel mendapatkan peringkat satu untuk tindaklanjut tahun 2019,” kata Bupati.

Ia pun berharap hasil ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja pada masing-masing SKPD.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi para ASN,” harapnya.

Sementara itu Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy S.STP,menjelaskan, penyerahan laporan keuangan Pemda Bolsel tahun anggaran 2019 sudah melalui proses yang cukup panjang, mulai dari proses penyusunan laporan yang dilakukan oleh tim.

“Sinergi antara tim ditunjang dengan dukungan dari DPRD bisa menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar akuntansi pemerintah,” jelasnya.

Lanjut Sekda, tidak lanjut atas rekomendasi BPK adalah bukti bahwa kualitas pemeriksaan BPK dinilai dan diapresiasi oleh entitas pemeriksaaan BPK. Selain itu ini adalah keberhasilan upaya BPK dalam memperbaiki pengelolaan keuangan Negara.

“Tidak kalah penting, tingkat penyelesaian tindak lanjut juga menjadi indikator bahwa pertanggung jawaban pengelolaan keuangan Negara menjadi lebih transparan dan akuntabel,” jelasnya. (Dp)