ktg

Lewat Pos Ronda, Ramaikan Malam Satgas TMMD 107 Bersama Warga

0

B O L S E L – Ratusan prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-107 Kodim 1303/Bolmong bersama warga melaksanakan ronda malam di Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Ronda malam bersama warga di pos kamling tersebut merupakan upaya menjalani kebersamaan dan lebih mendekatkan diri antara prajurit TNI dengan masyarakat.

Bukan hanya giat pembangunan sarana prasarana fisik yang dikerjakan bersama, tetapi jalinan kemitraan bersama mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjadi hal penting dalam membangun komunikasi sosial (komsos) antara prajurit TNI dan warga.

Dansatgas TMMD ke-107 Kapten Inf Jani Mamangkey mengatakan, membangun Komsos antara prajurit TNI dengan warga sangat penting.

“Karena mereka bertugas di TMMD 107 selama satu bulan, bukan hanya geliat pembangunan ditonjolkan bagi Satgas TMMD, tetapi membangun kekuatan bersama rakyat, TNI kuat atas dukungan dari rakyat, dan TNI jauh lebih hebat dengan kepercayaan rakyat,” ucap Kapten Inf Jani saat dikonfirmasi, Kamis (26/03/2020).

Lanjutnya, “Dengan ronda malam di pos kamling tercipta komunikasi antara prajurit TNI dan warga. Pemukiman warga menjadi aman, nyaman, dan tentram karena menyatunya prajurit TNI dengan warga,” ujar Kapten Inf Jani.

Dansatgas TMMD 107 menjelaskan, prajurit melakukan ronda tersebut merupakan kesepakatan bersama. Setiap malam, tiga sampai lima prajurit ikut ronda di pos kamling. Mereka bersama warga melakukan patroli keliling kampung.

“Prajurit TNI juga mengajarkan kepada warga untuk melakukan langkah antisipasi, meminimalisir aksi kejahatan pemukiman. Dengan menjalin kekompakan antar warga meminimalisir aksi kejahatan di pemukiman,” katanya.

Selain itu, tujuan lainnya adalah membangun rasa kebersamaan antar warga desa. Pos kamling yang lama maupun yang baru dibangun Satgas TMMD menjadi sarana warga untuk membuat pam swakarsa lebih baik untuk kamtibmas di pemukiman.

“Jika dulunya pos kamling sepi, sekarang ramai kembali. Karena pos kamling yang dibangun untuk masyarakat sendiri. Jadi, kita mengajarkan masyarakat peduli untuk keamanan pemukimannya sendiri, bukan karena ada Satgas TMMD,” tutur Kapten Inf Jani Mamangkey.