banner kpu

Bawaslu Sulut Apresiasi Gerak Cepat KPU Lakukan Coklit

0

SULUT – Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan khusus data pemilih  sampai dengan tanggal 10 Juli 2024 pengawasan coklit berlangsung dengan baik.

Namun, ada 154 saran perbaikan yang diusulkan ke KPU Sulut.

“Dalam hal ini, kami memberikan apresiasi kepada KPU Sulut untuk capaian 99 persen dalam pelaksanaan Coklit dan selain itu, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi media dalam rangka mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 ini,” sebut Mewoh,Rabu (10/07/2024) digiat Media Gathering yang digelar KPU Sulut.

Mewoh mengingatkan KPU bahwa pencapaian coklit belum dipastikan kualitasnya maka perlu ada evaluasi kembali.

“Banyak menyelesaikan persoalan sekarang ini yaitu masa coklit dan sekarang sisa 14 hari lagi atau 24 Juli 2024, masalah relokasi penduduk yang belum dicoklit, tinggal di daerah batas wilayah dan lainnya bisa diselesaikan pada coklit,” imbuhnya .

Ketua Divisi Perencanaan dan Data Informasi KPU Sulawesi Utara, Lanny Ointu.

Bahkan Ointu mengatakan pelaksanaan Coklit telah mencapai 99 persen.

Namun begitu pihaknya tak sekadar mengejar kuantitas. 

“Memang kan target kita semua potensi pemilih bisa didatangi, didata tapi yang penting kualitasnya, pemilih tahu proses ini untuk apa, tujuannya dan mereka nanti memilih,” kata Ointu.

Ointu juga menyampaikan alasan tahapan Coklit melakukan kerja cepat. “Setelah tahapan Coklit selesai dilaksanakan hingga tanggal 24 Juli nanti, kami akan melakukan evaluasi,” ungkap Ointu.

Pun terkait 154 saran perbaikan data coklit yang disampaikan Bawaslu Sulut untuk KPU Sulut sebagian sudah dilakukan perbaikan.