DPMD Boltim Gelar Bimtek Bagi 60 Penjabat Sangadi

0

BOLTIM – Sedikitnya 60 Penjabat Sangadi yang baru dilantik dua bulan kemarin yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka penguatan manajemen pengelolaan keuangan dan pemerintahan desa yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim di Hotel Best Western Jakarta sejak Senin (20/02/2023).

Sebagaimana dikatakan Kepala DPMD Boltim Hendra Tangel, SH, bahwa bimtek penjabat Sangadi kali ini berlansung selama tiga hari dengan menghadirkan para narasumber dari Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pussbangda), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Akademisi Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Bandung termasuk Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S. Sos, MSi yang juga sebagai Mahasiswa Program Doktoral IPDN.

Hendra, menambahkan dimana kegiatan Bimtek tersebut di buka secara resmi oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto sekaligus memberikan materi kepada peserta Bimtek Penjabat Sangadi. Selanjutnya dicatat empat hal, menurut Bupati, agar program pemerintahan desa ada manfaatnya dan benar – benar dirasakan langsung masyarakat. Keempat hal itu dimulai dari perencanaan yang matang, kemudian pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, dapat mengetahui penatausahaan administrasi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi.

” Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa selanjutnya,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati mengatakan bahwa kemampuan sumber daya manusia (SDM) Kepala Desa atau Penjabat Sangadi harus terus ditingkatkan melalui kegiatan peningkatan kompetensi,

“Jika pikiran tidak di asa termasuk dalam belajar, maka akan pikun lebih cepat. Pikiran kita harus terus di asa dengan mencari ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengungkapkan dihadapan peserta Bimtek, tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dibiayai oleh negara. Karena itu, ia berharap semua Penjabat Sangadi benar-benar mengikuti pelaksanaan Bimtek dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu.

” Kita tidak selalu dibiayai negara untuk mendapatkan ilmu, jadi manfaatkan pembelajaran saat ini dari pemateri yang sangat berkompeten, untuk menambah pengetahuan lebih banyak,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan ini menghadiri pemateri diantaranya, Ketua Program Studi Program Doktoral IPDN, DR. H. Mansyur Ahmad KM, M.Si, dan Direktur Program Doktoral IPDN.(Bm)