banner kpu

Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben, Penghormatan untuk Pj Wali Kota Abdullah Mokoginta

0

KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, bersama keluarganya, menjalani prosesi adat Poponikan Kon Komalig Moloben atau naik dirumah dinas walikota.Rabu (14/8/2024).

Dalam prosesi menaiki rumah dinas, Abdullah Mokoginta disambut dengan penuh hormat di Komalig Moloben.

Prosesi dimulai dengan kunjungan Tua Adat dari Komalig Moloben yang membawa pesan kesiapan pemerintah kota untuk menerima kehadiran Pj Wali Kota beserta keluarganya. Setibanya di halaman Komalig Moloben, Abdullah Mokoginta dan istrinya, Suzanna Mokoginta Mooduto, disambut hangat oleh Nanu dan Uyo’ Kotamobagu, yang menghiasi leher mereka dengan untaian bunga sebagai tanda kehormatan.

Momen bersejarah ini kemudian dilanjutkan dengan prosesi adat Itum-itum, yang dilengkapi dengan Tari Tuitan, sebuah tarian tradisional yang melambangkan kebersamaan dan persatuan. Mereka bergerak menuju Komalig Moloben dengan langkah penuh khidmat.

Di dalam Komalig Moloben, Pj Wali Kota dan keluarganya disambut dengan tangan terbuka oleh Tua Adat dan empat Panggulu, para pemangku adat dari empat wilayah di Kotamobagu. Sebelum memasuki rumah dinas, mereka melewati Tolatak Sinontanday, atau Tangga Adat Kebesaran, yang merupakan simbol pengakuan dan kehormatan.

Prosesi ini ditutup dengan Mintahang, sebuah doa syukuran yang mengiringi awal perjalanan Abdullah Mokoginta sebagai Pj Wali Kota Kotamobagu. Dengan seluruh rangkaian prosesi adat ini, Abdullah Mokoginta tidak hanya diterima sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai bagian integral dari masyarakat Kotamobagu.(Syarip)