banner kpu

Tingkatkan SDM Pendidikan, Pemkot Kotamobagu Teken MoU Dengan Universitas Bina Mandiri Gorontalo

0

KOTAMOBAGU – Dalam upaya memperkuat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pendidikan, Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo, Jumat (9/8/2024).

Penandatanganan ini berlangsungdi Astin Ballroom Kampus Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Jalan Aloe Saboe, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

MoU ini menjadi tonggak awal kerjasama antara Pemerintah Kota Kotamobagu dan Universitas Bina Mandiri Gorontalo, yang meliputi pengembangan SDM, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan ini dilakukan oleh Pj Wali Kota Asripan Nani dan Rektor UBM Gorontalo, Titin Dunggio.

Rektor UBM, Titin Dunggio, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Pj. Wali Kota Kotamobagu beserta rombongan di Kampus UBM Gorontalo. “Ini adalah kebanggaan besar bagi kami civitas akademika UBM Gorontalo. Penandatanganan MoU ini membuka jalan bagi kerjasama yang akan membawa manfaat besar dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Titin.

Titin juga menambahkan bahwa saat ini terdapat 165 mahasiswa UBM yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mandiri (KKM) di beberapa desa di Kotamobagu, didampingi oleh 27 dosen. Program ini berfokus pada pembangunan desa berkelanjutan di Desa Bungko, Poyowa Besar 1, Poyowa Besar 2, Poyowa Kecil, Kopandakan, dan Tabang.

“Kami berharap MoU ini dapat menciptakan ekosistem baru dalam pengembangan dunia pendidikan baik di Kampus UBM maupun di Pemerintah Kota Kotamobagu. Kami juga berharap kerjasama ini dapat menghasilkan peningkatan SDM, penyusunan naskah akademik, serta kegiatan lainnya,” tambah Titin.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menyatakan kebanggaannya atas kesamaan visi antara Pemerintah Kota Kotamobagu dan UBM Gorontalo dalam pengembangan SDM, khususnya di sektor pendidikan dan kesehatan. “Kotamobagu memiliki visi untuk menjadi Kota Jasa, dan penandatanganan MoU ini adalah bagian penting dari upaya tersebut,” kata Asripan.

Lebih lanjut, Asripan berharap MoU ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kotamobagu. Ia juga mengundang Rektor dan civitas akademika UBM untuk mengunjungi Kotamobagu guna menindaklanjuti MoU ini dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan jajaran OPD Pemerintah Kota Kotamobagu.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua Yayasan Bina Mandiri Gorontalo Azis Rachman, Direktur Program Pasca Sarjana UBM, para Wakil Rektor, para Kaprodi, para Asisten Sekda Kota Kotamobagu, staf ahli, staf khusus Wali Kota, pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, serta seluruh civitas akademika UBM Gorontalo.(Syarip)