Rekapitulasi Perhitungan Suara Kecamatan Lembeh Selatan Ditargetkan Selesai Hari Sabtu

0

BITUNG — Pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2024 di Kecamatan Lembeh Selatan dari 34 TPS di tujuh kelurahan sudah 14 TPS yang selesai.

Dari tujuh kelurahan kecamatan Lembeh Selatan sudah lima kelurahan selesai dilakukan rekapitulasi. Dan ditargetkan hari Sabtu 24 Februari 2024 selesai.

“Target hari Sabtu selesai. Dan tinggal dua kelurahan yang akan dilakukan rekapitulasi perhitungan suara,” ujar Ketua PPK Lembeh Selatan, Glend Senewe.

Glend juga mengungkap beberapa kendala yang terjadi pada awal pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan suara. Pertama terkait penyesuaian aplikasi sirekap dan kesalahan penulisan C1 salinan yang berbeda dengan C1 Plano.

Namun hal itu tidak mempengaruhi hasil suara karena data Panwascam maupun saksi lainnya sama dengan C1 Plano. Dan hal itu dibenarkan juga Ketua Panwascam Lembeh Selatan, Victor Jerold Sabahang.

“Kendala awal di penyesuaian sirekap serta beberapa kendala terkait penulisan salinan C1 yang berbeda dengan C1 Plano, namun kendala itu dapat diselesaikan dengan baik dan sama sekali tidak mempengaruhi perolehan hasil suara,” jelas Glend Senewe.

Dia pun berharap pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilu ini berjalan sesuai rencana dan berjalan dengan baik.

Glen juga mengungkap selama proses pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk kecamatan Lembeh Selatan, baik PPK, Panwascam dan saksi dapat berkomunikasi dengan baik jika terjadi beberapa kesalahan.

“Harapan kami proses pleno ini berjalan dengan baik. Dan selama pelaksanaan pleno baik PPK, panwascam dan saksi dapat membangun komunikasi dengan baik jika terjadi kesalahan,” ungkapnya.

Pada pleno rekapitulasi perhitungan suara di kecamatan Lembeh Selatan hari kedua ikut dipantau Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Deslie Sumampouw, SE.

(Paulus Marinu)