Walikota Asripan Nani Pimpin Rakor Kesiapan Pemilu 2024

0

KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Asripan Nani, pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan Pemilu 2024.
Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kotamobagu, Senin (12/2/2024).

Dalam sambutannya, Asripan Nani menyampaikan Pemilu merupakan agenda nasional yang setiap warga negara wajib untuk menyukseskannya. Sehingga Pemilu di daerah berlangsung aman, damai dan kondusif sebagaimana yang kita harapkan bersama.

“Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dan Forkopimda siap mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Pemilu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Asripan.

“Perlu diketahui bahwa pada Pemilu Tahun 2019, angka partisipasi di Kotamobagu berada pada angka 78 persen, oleh karenanya kita telah bersepakat mudah-mudahan pada Pemilu Tahun 2024 ini bisa mencapai 90 persen,” katanya.

Sementara, menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu, Siti Rafiqah Bora dalam laporannya mengatakan bahwa tim pemantau pemilu berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tim pemantau Pemilu tahun 2024 sebanyak 351 personil yang tersebar di 351 TPS yang akan bekerja hari rabu dan seluruhnya adalah pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah Kota Kotamobagu,” ucap Rafiqah.

Lanjutnya, Rafiqah menyampaikan bahwa pembekalan tersebut dilaksanakan agar para pemantau dapat mengoperasikan Aplikasi untuk mempermudah laporan di masing-masing wilayah tugas.

“Dilaksanakannya pembekalan tim pemantau pemilu tahun 2024 ini, agar dapat mempergunakan teknologi yang berbasis aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat laporan,” ujarnya

“Serta diharapkan tim pemantau dapat memberikan informasi yang sesuai dan akurat serta kondisi politik di wilayah terutama saat hari pemungutan dan penghitungan suara yang hasilnya kemudian akan dijadikan laporan pemerintah kota Kotamobagu kepada pemerintah pusat melalui direktorat Jenderal politik dan pemerintahan umum kementerian dalam negeri republik indonesia,” tambahnya

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkot, Polres Kotamobagu Kodim 1303 Bolmong untuk Pilkada Kotamobagu 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol Inf Fahmil Harris, Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Jifly Z. Adam, Kejari Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar., Ketua KPU Kotamobagu, Mizhart A. Manoppo, Ketua Bawaslu Kotamobagu, Yunita Mokodompit, Kepala Badan Kesbangpol Sulawesi Utara, Ferry Sangian, Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, para Asisten serta kepala OPD Pemkot.(Syarip)