Launching Rekam Medik Elektrik, Minut Pertama di Kawasan Indonesia Timur

0

MINUT_Kabupaten Minahasa Utara menjadi Pilot Projek yang menggunakan Rekam Medik Elektonik versi terbaru yang sudah terintegrasi dengan Satu sehat di kawasan Indonesia Timur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Joune Ganda ketika melaunching Aplikasi Rekam Medik (RME) MINUTCARE, di Pendopo Kantor Bupati Minut, Jumat (19/01/24).

“Kita boleh berbangga Kabupaten Minahasa Utara menjadi yang pertama menggunakan Rekam Medik Elektonik versi terbaru ini. Oleh ini dengan adanya aplikasi MinutCare ini, fiharapankan mempermudah dan mempercepat pelayanan, membakukan prosedur dan standar pelayanan serta mendapatkan data dan informasi yang akurat. Serta¬† meningkatkan manajemen Puskesmas secara lebih berhasil guna dan berdaya guna,” ujar Bupati.

Ia menjelaskan, SIMPUS atau Sistem informasi Puskesmas telah dikembangkan di berbagai jajaran dinas kesehatan kabupaten yang ada di Indonesia.

“Dengan adanya pengembangan Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS) tersebut diharapkan dapat memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat serta dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan kualitas manajemen puskesmas dalam memberikan pelayanan melalui pemanfaatan secara optimal data Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas, merupakan salah satu sumber informasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP),” tandas Bupati Joune Ganda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan dr.Stela Safitri dalam laporannya menyampaikan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah Aplikasi sistem Informasi yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas, untuk mengimplementasikan Visi dan Misi Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara antara lain menjadikan Minahasa Utara menuju era Digitalisasi atau Go Digital.

Usai launching kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikasi Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Minahasa Utara yang disaksikan oleh para Asisten, Kepala SKPD, Pimpinan PT Telkom, Pimpinan BPJS Kesehatan bersama jajarannya