Berhasil Kendalikan Inflasi, Pemkab Minut Terima Reward Insentif Fiskal Kinerja 2023 dari Kementerian Keuangan

0

MINUT_Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung dalam pengendalian inflasi mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Pemerintah Minahasa Utara menerima insentif fiskal kinerja Pengendalian Inflasi Daerah periode III tahun 2023 sebesar Rp. 9.548.533.000. Hal berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) 400 Thn 2023 ada 34 daerah yang menerima Insentif Fiskal Kinerja Pengendalian Inflasi Periode III Tahun Berjalan 2023 yang terdiri dari 3 Provinsi, 6 kota dan 25 Kabupaten, dimana Minahasa Utara adalah salah satu daerah yang menerima Insentif Fiskal Kinerja tersebut.

Penyerahan insentif diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Sekda Novly Wowiling mewakili Bupati dan Wabup Minut dan disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di kantor Kementerian Dalam Negeri, Senin (06/11/23).

Sekda Novly Wowiling yang mewakili Bupati Joune Ganda disela-sela kegiatan mengatakan, insentif fiskal diberikan oleh pemerintah pusat kepada daerah yang dinilai terbaik dalam pengendalian Inflasi selama tahun 2023.

“Pemkab Minut sebagai penerima insentif fiskal periode ketiga, tidak lepas dari arahan Pak Bupati dan Wakil Bupati kepada TPID Kabupaten Minahasa Utara ujar Novly Wowiling.

Terpisah, Bupati Joune Ganda mengatakan, sejauh ini laju inflasi di Kabupaten Minut relatif terkendali. Dimana kita terus mengupayakan pencegahan kenaikan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional.

“Contohnya harga cabai yang naik turun disebabkan karena pergantian cuaca. Tetapi kita tetap berupaya agar harga bahan pokok bisa berangsur normal.

” Sejauh ini kenaikan harga beberapa komoditas itu masih dalam batas wajar karena dapat diimbangi dengan angka pertumbuhan ekonomi Pemkab Minut yang hingga saat ini masih cukup baik,” ungkapnya.

(*/Rommy Immora)