Kendalikan Inflasi, Pemkab Minut dan Bulog Gelar Operasi Pasar

0

MINUT_Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bekerjasama dengan Bulog, melakukan operasi pasar di Pasar Tradisional Kauditan, Rabu (27/09/23).

Kadis Perdagangan Minut Maximiliam Tapada mengatakan, Operasi pasar ini, sebagai upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok.

“Tujuan dari operasi pasar ini adalah untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan laju inflasi, terutama yang dipicu oleh kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti beras, minyak goreng dan gula,” ujar Kadis Tapada.

“Kehadiran kami di pasar tradisional sebagai langkah nyata dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung dalam menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di Minahasa Utara,”tambahnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Perdagangan Vilma Anthonie menambahkan, lewat operasi pasar ini, pemerintah membantu masyarakat dengan menjual beras, gula dan minyak goreng dengan harga di bawah harga pasar dengan harapan operasi pasar bisa meningkatkan daya beli masyarakat khususnya di Minahasa Utara.

“Pelaksanaan operasi pasar ini, Pemkab Minut bekerjasama dengan Bulog menjual 3 bahan pokok yang dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti beras jenis medium dijual dengan harga Rp. 53.000 dalam kemasan 5 Kg, minyak goreng Rp.14.000 kemasan 1 liter dan gula Rp.14.000 kemasan 1 Kg,” ujar Sekretaris Vilma.

Selain menggelar operasi pasar murah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Minahasa Utara juga melakukan monitoring pemantauan harga dan ketersediaan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Kauditan.

Hadir dalam kegiatan ini, Kadis Perdagangan Drs, Maximiliam Tapada, Sekretaris Dinas Perdagangan Vilma Anthonie, SH, MH, Kadis Pertanian Ir Wangke Karundeng, Dirut PUD Klabat Fredy Ratumbanua, Dirops PUD Klabat Deddy Gimon, Camat Kauditan Roy Rampengan, Kapolsek Kauditan Iptu Iwan Toani dan Kabid Distribusi Perdagangan/Ekspor Melky Rompis.

(Rommy Immora)