Bersama Kementerian Agraria dan TRBPN, Pemkab Minut Ekspose RDTR–KLHS Kawasan Pariwisata Likupang Timur

0

MINUT_Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang bekerjasama dengan Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Utara menggelar ekspose Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kawasan Pariwisata Likupang Timur.

Kegiatan Ekspose RDTR dan KLHS Kawasan Pariwisata Likupang Timur dibuka langsung Bupati Minut Joune Ganda, di Aula Kantor Bappeda, Kamis (07/09/23).

Bupati Joune Ganda mengapresiasi kepada Direktorat Jendral Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN Nasional yang sudah melakukan ekspose.

“Terima kasih kepada Dirjen Tata Ruang Kementerian Agraria yang sudah melakukan ekspose pada hari ini, sekarang tinggal kita menjaga agar apa yang telah di tata tidak menyimpang dari konsep yang ada,”ucap Joune.

Dia menambahkan, ekspose atau penyampaian yang telah dipaparkan Kementerian sudah memberikan gambaran untuk 10–20 tahun akan menjadi masa depan Kabupaten Minahasa Utara dan juga Proviinsi Sulut.

“Sebagaimana yang kita tahu dari 15 Kabupaten Kota investasi tertinggi di Sulut ada di Kabupaten Minahasa Utara yang tentunya menjadi jaminan bahwa Kabupaten Minahasa Utara adalah daerah yang menarik untuk berinvestasi dengan baik dan sudah tercover dengan Rencana Detail Tata Ruang dengan ekspose ini maka Likupang sudah memiliki RDTR dan KLHS,” tandas Bupati Joune Ganda.

Sekedar informasi, Kawasan Pariwisata Likupang Timur sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) memiliki potensi pariwisata yang cukup lengkap mulai dari wisata bahari, keaslian budaya yang unik, dan objek wisata alam lainnya yang masih alami. Kedepan dengan adanya RDTR Likupang Timur maka akan mendorong perekonomian wilayah dan juga peningkatan taraf hidup Masyarakat di sekitarnya dengan kepastian perizinan untuk investasi, Selain itu penyusunan KLHS untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM yang di wakili Kepala Devisi Pelayanan,Rudi Hendra Pakpahan, Sekda Minut Novly Wowiling, Anggota DPRD Minut, Edwin Kambey, Kepala Kantor Pertanahan Jeffree Supit, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.