Pj Bupati Bolmong Buka Rakor Pengawasan APBDes

0

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan APBDes bagi para camat dan sangadi  se-Bolmong, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Ballrom Hotel Sutan Raja Kotamobagu ini dihadiri, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, Kasi Intel Kejari Kotamobagu, Meidy Wensen,  mewakil Kapolres Bolmong dan mewakili Kapolres Kotamobagu, Inspektur Daerah Bolmong, dan Kepala Dinas PMD Bolmong.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Limi Mokodompit menyampaikan pesan penting yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa.

Kehadiran Kapolres, Jaksa, Inspektorat Daerah, dan Dinas PMD menjadi sangat berarti, karena melalui kegiatan ini diharapkan seluruh Sangadi dapat memahami dengan baik apa yang disampaikan oleh para pihak terkait.

“Keuangan desa merupakan aspek vital dalam pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bersama-sama mengelola dana desa dengan transparan dan bertanggung jawab. Hal ini akan memastikan bahwa masyarakat benar-benar terlayani dengan sebaik-baiknya,” kata Pj Bupati.

Dikatannya, kita semua sadar bahwa pertanggungjawaban administrasi pengelolaan keuangan desa adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan komunikasi dan koordinasi antar lembaga, termasuk Inspektorat Daerah dan Dinas PMD.

“Hal ini untuk memastikan bahwa setiap penggunaan dana desa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terang Limi Mokodompit.

Pj Bupati juga mengajak para Sangadi untuk aktif dalam pengawasan dan pengendalian. Sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat desa, peran Sangadi sangatlah penting.

“Dengan lebih aktif melakukan pengawasan, kita dapat mencegah potensi penyalahgunaan dana desa dan memastikan keuangan desa dikelola dengan baik,” harapnya.

Selain itu, Pj Bupati juga mengajak para Camat untuk terlibat lebih aktif dalam upaya perbaikan. Camat memiliki peran strategis dalam menghubungkan pemerintah kabupaten dengan desa-desa di wilayahnya.

“Dengan melakukan rapat evaluasi secara berkala dan melaporkan kondisi desa yang membutuhkan bantuan dan pendampingan, kita dapat merancang program-program yang tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkas Pj Bupati.(Dade)