Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi, Pemkab Minut Gelar Rembuk Stunting

0

MINUT_Pemerintah Kabupaten Minahasa melaksanakan Rembuk Stunting dalam upaya konvergensi percepatan penurunan stunting Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappelitbang, Kamis (11/05/23) dibuka oleh Sekda Novly Wowiling mewakili Bupati Minut Joune Ganda.

Sekda Nofly Wowiling dalam sambutannya, mennyampaikan kegiatan Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten/kota untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

“Berkaitan dengan penanganan stunting terintegrasi di indonesia, ada 5 pilar yang harus dilakukan pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota yakni, komitmen pimpinan, kampanye perubahan perilaku, konvergensi program, akses pangan bergizi dan pemantauan dan evaluasi,” ujarnya.

Lanjut Wowiling, konvergensi stunting sebagai satu pendekatan intervensi penurunan stunting merupakan upaya menyelaraskan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan lintas sektor serta antar tingkat pemerintahan dan masyarakat secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama untuk mencegah stunting kepada sasaran prioritas.

“Untuk itu, saya meminta kepada semua perangkat daerah untuk mendukung penuh komitmen pimpinan daerah, begitu juga pihak swasta, Perbankan, BUMN,BUMD melalui dana CSR untuk berpartisipasi bersama-sama Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam menurunkan Prevalensi Stunting di Kabupaten Minahasa Utara,” ungkap Wowiling.

Hadir dalam kegiatan ini, para kepala-kepala OPD, Lanudal Manado Lettu Laut (T) Joko Prasetyo Wahyono, Danramil 1310-06 Airmadidi Letda Infantri Adri Malinti, Kasubagbin Kejari Minut Anita Olivia Kulla, Pengadilan Airmadidi James Mochtar Masili dan Wakapolres Kompol Daniel Korompis. (Immora)